Cara Menyuburkan Kandungan Secara Alami

August 31, 2020 | Iman

berolahraga

Setelah menikah, tidak ada yang bisa memprediksi kapan akan hadir sang buah hati. Sambil menanti, banyak pilihan cara menyuburkan kandungan secara alami. 

Cara ini menjadi pilihan banyak perempuan yang enggan menggunakan obat-obatan kimiawi lantaran dipandang lebih aman bagi kesehatan dan lebih murah.

Bila Anda dan pasangan sehat-sehat saja dan secara teratur berhubungan intim tanpa alat kontrasepsi, biasanya kehamilan bisa terjadi dalam waktu satu tahun setelah pernikahan. 

Namun interval waktu ini bisa saja berbeda pada setiap pasangan. Sebagai antisipasi, Anda dapat menerapkan cara menyuburkan kandungan secara alami ini demi mempercepat penantian itu.

1. Jaga pola hidup sehat

Cara menyuburkan kandungan secara alami yang paling dasar adalah menerapkan dan menjaga pola hidup sehat. Usahakan setidaknya 3 kali berolahraga dalam sepekan. Tak perlu olahraga berat, joging selama satu jam saja sudah cukup untuk menjaga kebugaran. Selain itu, hindari kebiasaan tak sehat seperti merokok, sering begadang, atau minum kopi.

2. Makan makanan sehat

YesDok Ads

Terkait dengan pola hidup sehat, makanan yang sehat juga merupakan salah satu cara menyuburkan kandungan secara alami. Hindari makanan cepat saji atau jajanan yang tak menyehatkan. Pastikan mendapat asupan dengan nutrisi dan gizi seimbang.

3. Hindari stres

Stres bisa menimbulkan gangguan psikis dan hormonal. Masalah ini bisa mempengaruhi kesuburan wanita. Bila terjadi stres, frekuensi hubungan intim juga bisa berkurang sehingga peluang kehamilan lebih kecil.

4. Perhatikan siklus ovulasi

Setiap wanita memiliki siklus ovulasi masing-masing. Anda harus tahu siklus ini agar mendapat tanggal yang tepat ketika dalam puncak kesuburan untuk berhubungan intim. Terdapat berbagai alat pendeteksi ovulasi, tapi Anda juga bisa menggunakan sistem kalender untuk melihat siklus ini.

5. Jaga berat badan ideal

Menurunkan berat badan bisa menjadi salah satu cara menyuburkan kandungan secara alami. Sebab, hormon estrogen yang berpengaruh dalam proses kehamilan dipengaruhi oleh lemak tubuh. Jika berat badan ideal, peluang kehamilan bakal lebih besar.

YesDok Ads