Cara Menyembuhkan Diare yang Aman dan Mudah di Rumah

January 06, 2023 | Iman

Cara Menyembuhkan Diare

Meskipun Diare merupakan penyakit yang umum terjadi, dari bayi hingga dewasa. Gangguan pencernaan ini dapat dikatakan sebagai diare jika feses mengalami perubahan menjadi cair, dan buang air terus-menerus selama 3 kali atau lebih dalam sehari.

Anda perlu mengetahui bahwa di negara berkembang, diare menjadi salah satu penyakit mematikan pada anak karena kekurangan cairan yang mengganggu kerja tubuh (Dehidrasi).

Penyebab utama diare adalah masuknya kuman yang mengganggu aktivitas organ pencernaan, dan tentunya penyakit ini dapat disembuhkan.

Penyebab diare pada umumnya adalah infeksi bakteri, virus, atau parasit ke dalam pencernaan, seperti E. Coli, Shigella, Salmonella, Vibrio, Campylobacter, dan Yersinia. Hal ini berasal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi terkontaminasi dengan kuman yang menyebabkan adanya gangguan pencernaan, hingga berdampak keracunan.

Cara menyembuhkan diare yang aman 

Diare tentunya dapat disembuhkan. Meskipun Anda sudah menghubungi dokter dan mendapatkan obat-obatan, Anda dapat melakukan perawatan ini di rumah :

1. Mengembalikan cairan tubuh dengan oralit

Setelah berobat ke pusat kesehatan terdekat, penderita diare akan mendapatkan oralit. Oralit berfungsi sebagai re-hidrasi untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Konsumsi Oralit dengan 200 ml air.

Apablia Anda tidak sempat untuk mendapatkannya di apotek, kini Anda bisa membuat oralit sendiri di rumah. Bagaimana caranya?

YesDok Ads

  1. Siapkan 200 ml air matang
  2. Siapkan 1/2 sendok teh garam
  3. Siapkan 1-2 sendok makan gula

Kemudian, aduk rata dan minum setiap 2-4 jam apabila penderita diare masih buang air besar terus menerus.

2. Banyak minum air mineral

Selama masa penyembuhan, selain oralit, penderita diare perlu banyak mengkonsumsi air mineral untuk membantu mengembalikan cairan tubuh. Menurut studi di Amerika Serikat, diperlukan konsumsi air mineral sebanyak 2-3 liter agar cairan tubuh kembali normal.

Selain air mineral, Anda dapat memanfaatkan minuman isotonik yang biasa diperlukan untuk kebutuhan olahraga atau jus buah alami.

3. Mengkonsumsi makanan dengan tekstur lembut

Saat Anda sedang diare dengan frekuensi buang air besar yang sering dan tubuh yang lemas, makanan dengan tekstur lembut bisa menjadi opsi agar mudah dicerna dan diserap dalam usus. Contoh makanannya adalah pisang, nasi, roti panggang, atau makanan berkuah dengan tambahan jahe sebagai bumbu.

Pisang kaya akan potasium yang aman bagi penderita diare, dan tidak bertahan lama di perut, sehingga aman untuk terhindar dari rasa mual.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(foto: mitra keluarga)

YesDok Ads