Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

May 01, 2022 | Aqiyu

kolesterol

Momen kumpul keluarga saat lebaran adalah hal yang ditunggu-tunggu. Tidak lengkap rasanya jika momen tersebut tidak disertai dengan menyajikan berbagai macam hidangan yang lezat. Namun, Anda harus dapat mengontrol diri saat mengonsumsi makanan karena ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan kolesterol darah Anda meningkat.

Kolesterol tinggi merupakan kondisi kadar kolesterol dalam darah diatas batas normal. Kolesterol yang tinggi dapat membatasi aliran darah, meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung. Kolesterol yang tinggi ini biasanya tidak memiliki gejala, kondisi ini hanya bisa dideteksi dengan cara melalui tes darah.

Dilansir dari Healthline, kolesterol tinggi ditandai dengan kaki dan tangan yang gampang kesemutan, gampang kelelahan, dada terasa nyeri, begitu juga nyeri di kaki dan tengkuk leher, suka mengantuk hingga munculnya gumpalan urat. Untuk penyebabnya sendiri, jarang berolahraga, menjalankan gaya hidup yang tidak sehat dan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh bisa menambah kadar kolesterol.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol tinggi secara alami:

Menjaga berat badan ideal

Orang yang memiliki berat badan berlebihan atau obesitas biasanya cenderung lebih rentan mengalami kolesterol dan harus melakukan pengecekan. Dengan menurunkan berat badan, dapat membantu tubuh lebih peka terhadap insulin dan membuat tubuh merespon perubahan lemak makanan.

Menerapkan pola hidup sehat

YesDok Ads

Penyebab kolesterol tinggi adalah pola hidup yang tidak sehat. Maka dari itu, Anda harus melakukan hal sebaliknya. Jangan sampai menunggu muncul gejala-gejalanya, hindarilah makan makanan tinggi lemak jenuh karena dapat meningkatkan kadar kolesterol. Serta rutin melakukan aktivitas fisik atau olahraga.

Mengonsumsi makanan tinggi serat

Kolesterol jahat (LDL) dalam darah dapat diturunkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat. Kolesterol dapat terkikis dengan makanan tinggi serat karena makanan berserat mengandung bakteri baik. Sehingga baik pula untuk menjaga kesehatan pencernaan. Makanan tinggi serat ini bisa Anda peroleh dari kacang-kacangan, biji-bijian, buah dan sayuran.

Berhenti merokok

Salah satu Langkah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) adalah dengan berhenti merokok. Berhenti merokok dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL), sirkulasi darah serta fungsi paru-paru menjadi lebih baik.

 (Foto: CDC)

YesDok Ads