Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Berpuasa

March 27, 2023 | Iman

Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Menjaga kesehatan gigi dan mulut tetap harus diperhatikan oleh orang-orang yang melakukan puasa. Selama berpuasa di Bulan Ramadhan, pola makan dan jadwal tidur pasti berubah. Anda harus mengetahui cara menjaga kesehatan gigi dan mulut terutama di bulan puasa.

Hal ini menyebabkan risiko meningkatnya masalah gigi dan mulut karena pola makan yang biasanya dari pagi ke malam akan terbalik. Terkadang orang-orang cukup abai untuk bersikat gigi di malam hari, khususnya sehabis sahur.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Apabila dibiarkan terus menerus maka kesehatan gigi dan mulut akan memburuk. Hal ini bisa dihindari dan dicegah dengan beberapa tips yang dirangkum dari berbagai sumber. Simak beberapa tips cara menjaga kesehatan gigi dan mulut saat berpuasa.

1) Pola makan yang seimbang juga dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut saat berpuasa. Imbangi dengan konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung vitamin c (seperti jeruk, jambu biji, mangga), penyakit mulut seperti sariawan dan infeksi yang lain dapat dihindari, mulut menjadi lebih sehat dan puasa berjalan dengan lancar.

2) Sikat gigi adalah hal yang paling utama dan wajib untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sikat gigi minimal dua kali sehari selama 2 menit, setelah sahur dan sebelum tidur malam. Pastikan semua sisi gigi dan perbatasan gusi dan gigi tersikat. Tidak hanya itu, penggunaan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang tersangkut di antara gigi juga dapat memberikan kebersihan yang semakin baik.

3) Hindari makan terlalu cepat karena bisa mengganggu sistem pencernaan. Cobalah untuk makan perlahan dan mengunyah makanan dengan sisi kanan kiri seimbang hingga mendapati bentuk makanan yang halus sebelum menelannya. Makan terlalu cepat dapat mengganggu sistem pencernaan dan meningkatkan risiko terjadinya masalah gigi dan mulut.

YesDok Ads

4) Konsumsi air putih yang cukup. Selama berpuasa pastikan untuk mengonsumsi air putih dahulu saat berbuka ataupun sahur. Air putih membantu menetralisir kondisi asam di dalam mulut, membilas sisa-sisa makanan dan mencegah dehidrasi, yang dapat menyebabkan mulut kering, meningkatkan risiko terjadinya lubang gigi dan rasa tidak nyaman pada area mulut (seperti bau mulut).

Menurut penelitian konsumsi air yang baik adalah 8 gelas sehari atau lebih kurang sekitar 2 liter. Contoh pola yang bisa terapkan yaitu dengan 2 gelas air saat berbuka, 4 gelas air setelah tarawih dan sebelum tidur malam dan 2 gelas air saat sebelum imsak.

Berikut adalah cara menjaga kesehatan gigi dan mulut di bulan puasa. Simak mengenai informasi kesehatan lainnya hanya di YesDok.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(foto: signature smile)

YesDok Ads