Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Berpuasa Ditengah Pandemik Corona

April 28, 2020 | Aqiyu

imunitas

Suasana puasa kali ini memang berbeda dari tahun sebelumnya. Bila tahun-tahun sebelum bulan suci disambut dengan suka cita, namun tahun ini Ramadan harus dilewati dengan self quarantine untuk mencegah dan memutuskan rantai penyebaran virus corona.

Virus corona dapat menginfeksi siapa pun yang memiliki imunitas atau sistem kekebalan daya tubuh yang rendah. Itu artinya, semua orang tidak boleh lengah dalam menjaga kondisi kesehatan agar tetap fit dan bugar selama berpuasa. Apalagi kekebalan tubuh sangat dipengaruhi oleh kualitas dan kuantitas asupan gizi.

Namun, Anda jangan khawatir puasa akan mengganggu daya tahan tubuh Anda. Berikut cara menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa:

Memenuhi kebutuhan asupan tubuh

Penuhilah asupan nutrisi saat sahur dan berbuka dengan karbohidrat, vitamin C dan zinc. Dimana ketiganya sangat penting untuk menjaga sistem imun tubuh tetap sehat. Anda bisa memperoleh sumber vitamin C dari buah beri, jeruk, kiwi, apel, pepaya, mangga, brokoli, tomat, kembang kol, dan bayam. Sedangkan, sumber makanan yang mengandung zinc seperti daging ayam, daging sapi, berbagai macam kerang, dan sayuran berdaun hijau. Usahakan pula Anda tetap makan sebanyak tiga kali dimulai dari sahur dan berbuka.

Minum air putih yang cukup

YesDok Ads

Selama berpuasa, Anda mungkin akan kehilangan banyak cairan tubuh. sedangkan untuk menjaga daya tahan tubuh, tubuh Anda harus tetap terhidrasi. Untuk itu, Anda harus meminum air putih yang cukup sahur dan berbuka.

Istirahat yang cukup dan kelola stres

Kurang tidur atau istirahat bisa membuat Anda mengalami stres. Ketika tubuh Anda stres, hal ini dapat menekan fungsi kekebalan daya tahan tubuh dalam melawan infeksi. Sehingga Anda akan dengan mudah terserang berbagai penyakit. Usahakan Anda tidur tidak kurang selama tujuh jam dan bila sempat Anda bisa tidur siang selama 30 menit.

Olahraga teratur

Puasa jangan dijadikan alasan untuk tidak berolahraga. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki setiap hari sekitar 30 menit di sore hari. Karena olahraga yang teratur merupakan salah satu cara meningkatkan sistem kekebalan daya tahan tubuh seseorang.

(Foto: philippine primer)

YesDok Ads