Cara Meningkatkan Stamina Tubuh Secara Alami

February 17, 2021 | Kaifia

Seorang wanita sedang naik tangga.

Stamina adalah kemampuan tubuh yang memungkinkan Anda untuk memiliki daya tahan tubuh yang kuat selama beraktivitas fisik atau berolahraga.

Seseorang yang memiliki stamina rendah sulit untuk fokus pada pekerjaan dalam waktu yang cukup lama dan cenderung terdistraksi oleh hal lain. Stamina yang rendah juga menyebabkan seseorang merasa lelah setelah melakukan sedikit aktivitas dan kekurangan energi secara keseluruhan.

Banyak hal yang bisa membantu meningkatkan stamina, seseorang dapat merasa lebih energik dan menyelesaikan tugas sehari-hari dengan lebih mudah. Berikut adalah beberapa cara untuk membuat stamina Anda naik secara alami

Olahraga

Olahraga secara teratur mampu membantu meningkatkan stamina fisik dan mental secara keseluruhan.

Seseorang yang rutin melakukan aktivitas fisik cenderung lebih berenergi dan tidak gampang terganggu oleh hal lain ketika sedang menyelesaikan pekerjaan. Sebuah hasil dari studi tahun 2017 menunjukkan bahwa peserta yang mengalami kelelahan terkait pekerjaan meningkatkan kadar energi mereka setelah 6 minggu rutin berolahraga.

Kualitas tidur, fungsi kognitif dan kinerja dalam bekerja kembali meningkat.

YesDok Ads

Mengonsumsi kafein

Kafein adalah sebuah stimulan yang berarti dapat meningkatkan detak jantung dan memberi peningkatan energi secara sementara. Kafein hadir di berbagai minuman seperti kopi, teh dan minuman ringan.

Stimulan ini dapat memberi Anda dorongan untuk hari-hari yang dimana Anda merasa terlalu lelah untuk berolahraga. Namun, usahakan untuk tidak terlalu bergantung pada kafein. Anda juga perlu menghindari sumber kafein yang mengandung banyak gula dan perasa buatan.

Mendengarkan musik

Terdapat bukti bahwa musik bisa mengubah suasana hati seseorang. Musik juga bisa membantu meningkatkan efisiensi kardiovaskular. Dalam sebuah studi, peserta yang mendengarkan musik yang mereka sukai saat berolahraga memiliki detak jantung yang lebih rendah dibandingkan yang tidak.

Jika Anda merasa sedang melakukan perubahan untuk meningkatkan stamina tanpa mendapatkan hasil apapun, Anda mungkin bisa berkonsultasi dengan dokter.

YesDok Ads