Diet
+1

Cara Mengurangi Asupan Gula Berlebihan

August 27, 2019 | Kaifia

Kehidupan modern sungguh serba praktis dan sulit bagi kita untuk dihindarkan. Modernisasi pasti juga berhubungan dengan makanan yang kita konsumsi. Terkadang sulit menjaga keseimbangan nutrisi dalam makanan yang Anda makan. Medical News Today melaporkan berbagai penelitian yang mengaitkan asupan gula dengan peningkatan penuaan, penyakit kardiovaskular, obesitas, dan bahkan kanker. Penelitian semacam itu telah menyebabkan banyak ahli kesehatan di seluruh dunia menyerukan pengurangan asupan gula yang direkomendasikan, dengan beberapa mengatakan kita harus mengurangi gula sepenuhnya.

Gula adalah salah satu nutrisi yang penting dalam tubuh dan sel-sel dalam tubuh akan mati tanpanya.

Namun, terlalu banyak mengonsumsi gula meningkatkan risiko beberapa masalah kesehatan berbahaya, termasuk obesitas, diabetes tipe 2, peningkatan tekanan pada jantung dan pembuluh darah, serta kerusakan gigi.

Apakah kita harus mengurangi sugar dalam pola diet?

Sejumlah studi yang melaporkan implikasi negatif dari tambahan gula menyebabkan WHO membuat proposal untuk merevisi rekomendasi tambahan gula mereka pada tahun 2014. Organisasi mengeluarkan draft pedoman yang menyatakan mereka ingin membagi dua asupan gula harian yang direkomendasikan dari 10% menjadi 5%. 

WHO menjelaskan bahwa tujuan pedoman ini adalah untuk memberikan rekomendasi tentang konsumsi gula untuk mengurangi risiko penyakit tidak menular pada orang dewasa dan anak-anak dan dengan fokus khusus pada pencegahan dan pengendalian kenaikan berat badan dan karies gigi.

Bagaimana membatasi asupan gula?

para ahli kesehatan merekomendasikan pengurangan asupan gula sesuai dengan pedoman yang direkomendasikan. American Heart Association memberikan beberapa tips untuk membantu mengurangi gula antara lain:

YesDok Ads

  • Kurangi jumlah gula yang Anda tambahkan ke dalam makanan dan minuman, seperti teh, kopi, sereal, dan pancake,

  • Ganti minuman yang dimaniskan dengan minuman bebas gula atau rendah kalori.

  • Bandingkan label makanan dan pilih produk dengan jumlah gula tambahan terendah.

  • Saat memanggang kue, kurangi jumlah gula dalam resep hingga sepertiga.

  • Cobalah mengganti gula dalam resep dengan ekstrak atau rempah-rempah, seperti kayu manis, jahe, almond atau vanila.

  • Mengurangi penambahan gula pada oatmeal atau sereal.

  • (Foto: health.com)

YesDok Ads