Cara Menghilangkan Rasa Pahit di Lidah Saat Sakit

October 10, 2022 | Iman

Cara Menghilangkan Rasa Pahit di Lidah

Ketika sedang sakit, pernahkah lidah Anda terasa pahit dan hambar? Kondisi tersebut disebabkan oleh pelepasan protein oleh tubuh yang berfungsi untuk mengatasi peradangan saat sakit. Akibatnya, akan mempengaruhi indera perasa dan menyebabkan rasa pahit di lidah saat sakit.

Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Pahit di Lidah saat Sakit.

Rasa pahit di lidah yang tidak segera diatasi akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Selain itu, juga dapat mempengaruhi nafsu makan penderita. Rasa pahit dapat diatasi agar tidak mengganggu aktivitas harian Anda. Inilah bagaimana cara menghilangkan rasa pahit di lidah saat sakit:

1. Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Kebersihan gigi dan mulut yang buruk menjadi salah satu penyebab paling umum rasa pahit di lidah saat sakit. Kebanyakan orang yang sakit kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut. Akhirnya, air liur dan bakteri akan menumpuk di lidah, gigi, maupun gusi. Kondisi tersebut menyebabkan rasa pahit di lidah. Jadi, pastikan Anda menjaga kebersihan gigi dan mulut termasuk saat sakit.

2. Banyak Minum Air Putih

Minum air putih yang cukup akan membantu Anda tetap terhidrasi dan meningkatkan produksi air liur. Produksi air liur yang tercukupi akan membantu mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut dan menghilangkan sisa makanan.

YesDok Ads

3. Kunyah Permen Karet Bebas Gula

Bagaimana cara menghilangkan rasa pahit di lidah saat sakit dapat Anda lakukan dengan mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet dianggap dapat membantu merangsang proses produksi air liur. Langkah tersebut berguna untuk mencegah mulut kering yang menyebabkan rasa pahit di lidah.

4. Hindari Makanan Pedas atau Berlemak

Salah satu cara menghilangkan rasa pahit di lidah dengan mencegah asam lambung naik. Selain makanan pedas dan berlemak, sebaiknya hindari minuman pemicu asam lambung naik seperti kopi, teh, dan minuman berkafein lainnya.

5. Perbanyak Makan Buah

Para dokter menyarankan untuk banyak mengonsumsi buah-buahan selama dan setelah jatuh sakit. Buah-buahan yang direkomendasikan untuk menghilangkan rasa pahit di lidah seperti jeruk, jeruk bali, pepaya, stroberi, pisang, atau lemon.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(foto: kauvery hospital)

YesDok Ads