Cara Menghilangkan Bruntusan di Hidung yang Efektif

January 30, 2023 | Iman

cara menghilangkan bruntusan di hidung

Bruntusan adalah masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik kecil serta bertekstur tidak rata. Bruntusan dalam dunia medis mengarah pada jerawat kecil atau komedo. Bruntusan bisa muncul di beberapa area wajah, termasuk hidung.

Cara Menghilangkan Bruntusan di Hidung

Menghilangkan bruntusan di hidung perlu dilakukan dengan sabar dan telaten. Ada beberapa tips menghilangkan bruntusan di hidung yang perlu Anda lakukan secara rutin, di antaranya:

1. Membersihkan Wajah

Cara menghilangkan bruntusan di hidung yang pertama adalah membersihkan wajah secara rutin. Kulit wajah tidak lepas dari paparan polusi dan kotoran setiap harinya. Kotoran dan debu yang menempel pada wajah dapat menyumbat pori-pori sehingga memicu timbulnya bruntusan atau jerawat.

Hal tersebut bisa dicegah dengan melakukan double cleansing. Double cleansing merupakan metode pembersihan wajah melalui dua tahap, yaitu membersihkan wajah dengan pembersih berbahan dasar minyak dan dilanjutkan menggunakan pembersih berbahan dasar air atau face wash. Karena dilakukan melalui dua tahap, double cleansing diketahui mampu membersihkan kotoran serta partikel debu secara menyeluruh.

2. Eksfoliasi Wajah secara Rutin

Eksfoliasi wajah merupakan cara mengatasi hidung bruntusan berikutnya. Eksfoliasi adalah perawatan kulit menggunakan produk khusus atau scrub lembut untuk mengangkat sel kulit mati secara optimal sehingga mencegah pembentukan jerawat.

Anda dapat melakukan eksfoliasi wajah secara rutin maksimal 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Namun, pastikan kulit wajah Anda tidak terdapat jerawat aktif pada saat melakukan eksfoliasi. Hal ini dikarenakan eksfoliasi pada jerawat yang meradang berisiko menyebabkan iritasi pada kulit.

YesDok Ads

3. Menggunakan Produk yang Mengandung Retinoid

Menggunakan produk yang mengandung retinoid diketahui turut mengurangi permasalahan jerawat di hidung. Retinoid merupakan senyawa yang mampu merangsang produksi kolagen serta pergantian sel kulit pada wajah. Oleskan produk retinoid seperti salep, krim, atau serum, pada area kulit yang terdapat bruntusan setiap malam.

Sebaiknya gunakan retinoid berdasarkan anjuran dokter agar bisa mendapatkan hasil yang optimal. Anda disarankan untuk menghindari penggunaan produk retinoid dan benzoil peroksida secara bersamaan agar terhindar dari efek samping tertentu. Pemakaian retinoid juga tidak disarankan untuk ibu hamil.

4. Masker Madu

Menggunakan masker madu adalah cara menghilangkan bruntusan di hidung secara alami yang bisa Anda coba di rumah. Madu didapati mengandung senyawa yang bersifat antioksidan serta antibakteri sehingga mampu mencegah dan mengatasi peradangan pada jerawat kecil karena infeksi.

Penggunaannya pun cukup mudah, oleskan madu murni pada area wajah dan diamkan selama 20 sampai 30 menit.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(foto: UPMC Health beat)

YesDok Ads