Cara Mengendalikan dan Mengatasi Asam Urat

August 26, 2021 | Iman

Asam urat

Tingkat asam urat yang tinggi atau hiperurisemia didefinisikan sebagai adanya kelebihan asam urat dalam darah Anda. Sistem internal kita menghasilkan asam ini setiap hari sebagai hasil pemecahan purin, yang ditemukan dalam makanan tertentu dan juga dibentuk oleh tubuh Anda.

Setelah asam ini terbentuk, darah kita membawanya ke ginjal, di mana ia disaring dan dikeluarkan ke dalam urin. Masalahnya dimulai ketika ginjal tidak mampu membersihkan racun sepenuhnya dari aliran darah Anda. Asam mulai menumpuk yang menyebabkan masalah seperti batu ginjal dan asam urat.

Masalah asam urat tinggi telah meningkat pesat dalam dekade terakhir ini. Berikut hal tentang asam urat yang perlu diketahui menurut para ahli.

Tingkat Normal

Untuk wanita, 2,4-6,0 mg/dL asam urat dianggap normal, sedangkan untuk pria adalah 3,4-7,0 mg/dL. Begitu kadar asam urat dalam darah Anda naik di atas 7 mg/dL, kristal mulai terbentuk dalam urin, sehingga menimbulkan batu ginjal dan masalah terkait asam urat. Masalah asam urat tinggi lebih sering terjadi pada pria dibandingkan dengan wanita.

Penyebab asam urat tinggi

Berlawanan dengan kepercayaan populer, asam urat tidak disebabkan oleh makan beberapa makanan tertentu juga tidak mengurangi solusi untuk masalah ini. Masalah asam urat tinggi kebanyakan terjadi karena rutinitas gaya hidup yang tidak sehat antara lain:

  • Terlalu banyak konsumsi alkohol
  • Hipotiroidisme
  • Obat penekan kekebalan tubuh
  • Kegemukan
  • Psoriasis
  • Diet kaya purin
  • Insufisiensi ginjal
  • Merokok berlebihan

Dalam kasus kadar asam urat tinggi, dokter mungkin akan meresepkan beberapa obat, tetapi menambahkan beberapa makanan tertentu ke dalam diet Anda juga dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

YesDok Ads

Tingkatkan asupan air Anda: Minumlah 2-3 liter air setiap hari untuk menjaga kadar asam urat Anda. Air membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Anda bisa menambahkan air kelapa atau jus segar tanpa gula untuk menjaga asupan cairan Anda.

Ahli merekomendasikan untuk menambahkan pisang ke dalam diet rutin Anda. Kandungan serat dalam pisang dapat membantu membuang kelebihan asam urat dalam darah dan juga menyeimbangkan kadar gula darah dan insulin.

Selain pisang produk susu dan kacang juga tak kalah baik. Susu dapat menghilangkan asam urat tingkat tinggi dalam tubuh. Sedangkan kacang-kacangan adalah pilihan camilan yang lebih sehat daripada makanan olahan.

Yang tak kalah penting pola tidur yang tidak teratur dapat menjadi alasan berbagai masalah kesehatan. Jadi, rencanakan pola tidur Anda dengan cukup dan teratur. Imbangi dengan gaya hidup aktif seperti berolahraga dan makan sehat.

Apa yang harus dihindari?

Tingkat asam urat Anda tidak naik dengan makan makanan buatan sendiri yang sehat. Sebaliknya minuman manis kemasan, biskuit, keripik, makanan ringan adalah masalah yang nyata. Cobalah untuk mengurangi asupan makanan tersebut dan mengganti ke makanan yang lebih sehat.

(Foto : pixabay)

YesDok Ads