Cara Mengelola Tiroid Secara Alami

March 07, 2020 | Iman

Pemeriksaan tiroid

Tiroid merupakan kelenjar yang berbentuk kupu-kupu yang terletak pada leher, tiroid mampu menghasilkan beberapa hormon yang berdampak pada fungsi metabolisme, pertumbuhan rambut, siklus menstruasi, dan kebutuhan energi dalam tubuh.

Ketika ada produksi hormon tiroid yang abnormal, makan akan munculah gangguan tiroid pada tubuh.

Ada dua jenis kelainan tiroid yaitu hipertiroidisme dan hipotiroidisme. Hipertiroidisme terjadi ketika kelenjar tiroid menghasilkan hormon berlebihan sedangkan hipotiroidisme terjadi karena kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon tiroid.

Berikut adalah cara alami untuk mengelola tiroid anda. 

1. Lakukan diet sehat 

Diet seimbang dengan konsumsi buah-buahan dan sayuran berwarna yang mengandung antioksidan, produk susu rendah lemak dan biji-bijian dapat membantu mengelola gangguan tiroid. Anda dapat makan kacang polong, biji wijen, ikan tuna, telur, susu dan keju.

2. Makan makanan bebas gluten 

Gangguan tiroid sering disertai juga dengan penyakit celiac karena gluten yang kita konsumsi merusak lapisan usus, sehingga mengganggu hormon dan menyebabkan peradangan.

3. Batasi asupan gula Anda 

YesDok Ads

Konsumsi gula berlebihan sangat berbahaya jika Anda memiliki gangguan tiroid karena dapat menyebabkan peningkatan peradangan dalam tubuh.

4. Makan makanan kaya probiotik 

Mengonsumsi makanan probiotik seperti yogurt atau keju, yang mengandung bakteri aktif dapat membantu perut dan usus Anda tetap sehat.

5. Makan makanan kaya yodium 

Yodium adalah salah satu mineral penting yang digunakan oleh kelenjar tiroid untuk menghasilkan hormon tiroid untuk membantu mengendalikan banyak fungsi tubuh yang penting. Udang, rumput laut, yogurt, dan keju adalah contoh makanan kaya yodium.

6. Kurangi stres 

Stres dapat memicu disfungsi hormon tiroid. Jadi, hindarilah stres dan cobalah beberapa olahraga atau latihan relaksasi.

(Foto : nps.org.au)

YesDok Ads