Cara Mengatasi Sakit Pinggang pada Ibu Hamil

January 19, 2023 | Iman

Sakit Pinggang pada Ibu Hamil

Sakit pinggang pada ibu hamil wajar terjadi, biasanya sakit ini muncul di awal kehamilan. Kondisi ini tentu tidak nyaman dan membuat ibu hamil tidak dapat beraktivitas dengan leluasa. 

Ada beberapa alasan mengapa ibu hamil merasakan sakit pinggang, seperti kenaikan berat badan yang terjadi menyebabkan tulang belakang harus mendukung berat badan tersebut sehingga memberi tekanan tersendiri pada bagian panggul dan punggung. 

Transformasi ini tentu tidak mudah dan menyebabkan stres tersendiri bagi ibu hamil. Namun, tidak perlu khawatir, ibu hamil dapat melakukan beberapa cara berikut untuk mengatasi Sakit Pinggang pada Ibu Hamil

1. Melakukan Latihan Khusus

Olahraga atau latihan secara teratur dapat memperkuat dan melatih fleksibilitas otot. Jika ibu hamil dapat melakukannya secara rutin, ini dapat membantu menurunkan tekanan pada tulang belakang Anda.

Ibu hamil dapat memilih jenis latihan yang aman seperti, berjalan kaki, berenang, bersepeda, atau melakukan senam khusus yang dipandu pelatih.

2. Meletakkan Kompres Dingin atau Panas

Teknik ini biasanya membantu untuk meredakan sakit pinggang yang telah berangsur-angsur terjadi. Sebelum melakukannya, Anda dapat mendiskusikan terlebih dahulu efek yang mungkin terjadi jika Anda menggunakan teknik ini.

YesDok Ads

Efeknya mungkin bisa berbeda pada setiap orang. Jika dokter sudah setuju, Anda bisa menggunakan kompres dingin dari kantong es atau minuman dingin, lalu tempelkan selama 20 menit. Kompres dingin dapat dilakukan dua sampai tiga hari, selanjutnya Anda dapat mencoba kompres panas. Caranya hampir sama, Anda hanya perlu menempelkan bantalan panas atau hangat pada bagian pinggang yang sakit.

3. Memerhatikan Postur Tubuh Ketika Aktivitas

Mulai perhatikan cara Anda duduk atau tidur, agar ketegangan tulang belakang Anda dapat menurun. Sebagai contoh, ketika bekerja atau melakukan aktivitas duduk dengan waktu lama, cobalah untuk memberikan bantal penyangga di belakang punggung Anda. Ini dapat membantu punggung Anda untuk lebih rileks. Teknik ini juga dapat Anda lakukan ketika akan tidur.

4. Melakukan Yoga Prenatal

Latihan ini selain banyak dilakukan oleh orang umum, juga populer di kalangan ibu hamil guna meredakan nyeri punggung selama kehamilan. Yoga prenatal bisa disebut juga sebagai opsi utama untuk ibu hamil yang mengalami masalah punggung, otot, sendi, dan saraf sakit akibat berat badan yang meningkat selama kehamilan.

Selain dapat mengatasi sakit punggung, latihan yoga juga dapat meningkatkan postur tubuh, serta menangani stres emosional yang mungkin muncul selama masa kehamilan. Latihan-latihan seperti pernapasan yang fokus dan mendalam, dapat membantu ibu hamil dalam mengelola berbagai perasaan emosional yang sedang muncul.

Berikut adalah tips cara mengatasi Sakit Pinggang pada Ibu Hamil yang wajar dialami. YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(foto: shyft)

YesDok Ads