0 Point
Seorang pria merasa mual.

Cara Mengatasi Mual-Mual dan Pencegahannya

Mual dan adalah gejala yang terjadi akibat perasaan tidak nyaman pada perut dan seseorang terasa ingin muntah.

Kondisi ini merupakan gejala umum dan hampir semua orang pernah mengalaminya. Mual-mual biasanya disertai dengan muntah. 

Jika Anda merasa mual saat bangun di pagi hari, cobalah untuk mengonsumsi beberapa biskuit sebelum bangun dari tempat tidur atau makan cemilan berprotein tinggi sebelum pergi tidur. 

Terdapat beberapa cara untuk meredakan mual-mual. Berikut adalah tekniknya:

  • Minum minuman bening atau air putih
  • Jangan mencampur makanan hangat dengan makanan dingin
  • Hindari makanan berminyak 
  • Makan makanan yang hambar
  • Makan perlahan-lahan
  • Minum setidaknya 6 gelas sehari
  • Hindari melakukan aktivitas berat setelah makan

Beristirahat setelah makan dan mengangkat kepala sekitar 12 inci sangat membantu mengurangi mual.

Untuk menghindari mual yang disertai muntah, selain mengonsumsi air putih, Anda dapat mencegah dengan mengonsumsi porsi sedikit cairan manis seperti soda dan jus buah (kecuali jeruk karena terlalu asam). 

Namun sementara mengonsumsi soda bisa menenangkan perut bagi sebagian orang, karbonasinya dapat mengiritasi beberapa orang. Kandungan gula yang tinggi pada soda mungkin bukan minuman terbaik untuk mengatasi mual, tetapi mereka dapat meredakan mual dengan cepat.

Minuman yang mengandung gula mampu menenangkan perut lebih baik dari cairan lainnya. Istirahat baik dalam posisi duduk atau dalam posisi berbaring. Melakukan aktivitas dapat memperburuk mual dan memicu terjadinya muntah.

Bagi anak, orang tua bisa membatasi snack dan hindari memberi minuman bersoda. Jangan biarkan anak makan sambil bermain dan mendorong mereka untuk beristirahat di sela-sela makan cemilan tersebut.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok