Cara Mengatasi Kutu Rambut Pada Anak

November 12, 2022 | Aqiyu

Cara Mengatasi Kutu Rambut Pada Anak

Kutu rambut atau pedikulosis kapitis adalah infeksi parasit yang terjadi pada rambut ataupun kulit. Kutu pada kulit kepala anak dapat menghisap darah untuk mempertahankan hidup. Kutu pada rambut dapat menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman pada anak. Untuk itu, yuk ketahui cara mengatasi kutu rambut pada anak.

Melansir dfari IDAI, kutu yang akhirnya bersarang pada rambut anak ini memiliki empat siklus hidup stadium yaitu berawal dari telur, larva, nimfa dan dewasa. Kutu ini dapat meluas dengan cepat apalagi jika rambut si kecil tidak bersih dan jarang mencuci rambut. Perlu diketahui cara penularan kutu rambut anak bisa terjadi melalui kontak langsung atau dapat melalui benda seperti bergantian menggunakan sisir yang sama, bantal hingga topi.

Gejala awal kutu rambut ini hanya berupa rasa gatal pada kulit kepala. Rasa gatal ini disebabkan oleh liur dan kotoran kutu yang masuk ke kulit saat menghisap darah. Akibatnya kelainan kulit dapat timbul jika si kecil menggaruk-garuk kulit kepala. Lama kelamaan kelainan kulit tersebut dapat berupa luka lecet pada kulit kepala dan infeksi jadi lebih mudah masuk. Infeksi ini terjadi bila terdapat nanah yang disertai bau tidak sedap.

YesDok Ads

Bahkan untuk mengetahui penyakit kutu rambut ini sangat mudah. Yaitu dengan menemukan kutu atau telur kutu pada kulit kepala baik dibagian belakang maupun area pelipis. Biasanya telur kutu ini berwarna abu-abu dan mengkilat. Sementara cara mengatasinya sangat mudah. Anda dapat memberikan obat kutu untuk membunuh kutu dan telur yang dapat berkembang biak. Obat kutu yang mana terdiri dari 1% permethrin, 0,5% malathion, 1% gameksan dan 25% benzyl benzoate. 

Cara menggunakan obat kutu ini adalah awali dengan keramas hingga rambut bersih, kemudian keringkan atau setengah kering. Lalu oleskan obat kutu yang berupa lotion dan diamkan selama 12 jam. Selama menggunakan obat kutu ini sebaiknya pakailah penutup kepala seperti shower cap, kain atau handuk. Setelah itu cuci kembali dan sisir menggunakan serit atau sisir yang bergigi rapat agar semua kutu dan telur terlepas. Disarankan obat kutu ini digunakan secara berulang hingga 7-9 hari setelah penggunaan pertama. Namun, pastikan obat kutu ini merupakan resep dari dokter dan butuh pengawasan dari efek samping penggunaan obat.

(Foto: medical new today)

YesDok Ads