Cara Mengatasi Kerutan di Sekitar Mata

January 16, 2023 | Iman

Cara Mengatasi Kerutan di Sekitar Mata

Seiring bertambahnya usia, kelembapan dan elastisitas kulit berkurang secara alami. Hal ini menyebabkan berkurangnya lemak di lapisan kulit dan produksi minyak alami, sehingga muncul kerutan di bawah mata. 

Kerutan di bawah mata ini terkadang bisa mengganggu penampilan, dan membuat Anda malah menjadi tidak percaya diri.

Penyebab Kerutan di Bawah Mata

Beberapa penyebab kerutan di bawah mata adalah:

Radiasi Sinar UV

Sinar UV dari matahari memiliki bahaya jika tubuh terpapar terlalu sering. Salah satunya dapat menyebabkan kerutan di bawah mata dan memicu tanda-tanda penuaan lainnya.

Kebiasaan Merokok

Mayo Clinic melaporkan bahwa selain usia, merokok adalah penyebab terkuat dari keriput pada wanita dan pria. Merokok membuat kulit terkena stres oksidatif ekstra, merusak kolagen dan elastinnya. Selain itu, merokok juga menyempitkan pembuluh darah di wajah, menghalangi sirkulasi ke pembuluh darah, dan menghilangkan vitamin A.

Sering Menggerakkan Otot Wajah

Ekspresi wajah, seperti tersenyum, mengerutkan dahi, dan mengerutkan alis, dapat menyebabkan munculnya garis-garis halus di wajah, termasuk kerutan di bawah mata. Kebiasaan tidur juga dapat menyebabkan garis halus jika otot wajah yang sama didorong ke bantal saat tidur setiap malam. Kulit pun akan kehilangan kemampuannya untuk bangkit kembali ke tempat asalnya seiring bertambahnya usia.

YesDok Ads

Mengatasi Kerutan di Bawah Mata dengan Prosedur Medis

Untuk menghilangkan kerutan di bawah mata secara cepat, ada beberapa prosedur medis yang bisa digunakan, yaitu:

Chemical Peeling

Walaupun tidak dapat sepenuhnya untuk menghilangkan kerutan di bawah mata, chemical peeling adalah tindakan medis yang bertujuan membuang sel kulit mati dan meningkatkan regenerasi kulit sehingga lapisan kulit baru yang halus dapat terbentuk.

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan keriput di bawah mata melalui prosedur medis. Mikrodermabrasi adalah prosedur kosmetik bersifat nonbedah yang bertujuan untuk memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. Cara kerjanya, tindakan medis ini akan menghilangkan permukaan kulit yang terdapat kerutan sehingga terbentuk lapisan kulit baru yang lebih halus. 

Laser

Cara menghilangkan garis halus di bawah mata bisa pula dengan perawatan laser. Tindakan ini dilakukan dengan memberikan sinar laser pada area bawah mata. Penggunaan laser bertujuan untuk merangsang produksi elastin dan kolagen sehingga kulit baru yang tumbuh akan lebih kencang dan halus. Dengan demikian, kerutan dan garis-garis halus pada area bawah mata dapat tersamarkan. 

Filler

Cara menghilangkan kerutan di mata yang mungkin paling Anda kenal adalah filler. Filler adalah pengisian suatu zat tertentu ke dalam jaringan kulit dan jaringan di bawah kulit guna mengurangi kerutan dan memberi tampilan awet muda. Umumnya, mengurangi kerutan di bawah mata dengan filler dapat bertahan selama 6 bulan hingga maksimal 2 tahun. 

Berikut Cara Mengatasi Kerutan di Sekitar Mata dan Penyebabnya. YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads