Cara Mengatasi Hypnic Jerk Saat Tidur

July 16, 2022 | Aqiyu

Cara Mengatasi Hypnic Jerk Saat Tidur

Mungkin beberapa orang pernah mengalami seperti mimpi terjatuh saat tidur? Biasanya mimpi terjatuh ini membuat Anda terpaksa bangun dari tidur dengan kondisi kaget dan tersentak. Bisa jadi itu adalah hypnic jerk saat tidur. Lalu apa sih hypnic jerk itu?

Hypnic jerk adalah kondisi tubuh saat tubuh tiba-tiba mengalami kejang singkat saat tidur. Kejang tersebut cukup kuat hingga orang yang mengalaminya bisa terbangun dengan kaget, tersentak dan merasakan sensasi terjatuh. Hal ini bisa terasa di seluruh tubuh dan terjadi sebagai dampak dari kontraksi otot. Hypnic jerk biasanya terjadi saat tubuh sedang stress, gelisah, kelelahan atau berlebihan mengonsumsi kafein dan alkohol.  Hypnic jerk ini terjadi selama periode transisi antara bangun dan tidur, 

Bahkan selain sentakan atau kejang yang cepat, hypnic jerk juga bisa menimbulkan sensasi lain. Penderitanya bisa mengalami gejala seperti mendengar suara letusan kecil atau cahaya kilat. Gejala umum lainnya meliputi berkeringat, detak jantung cepat, nafas menjadi cepat, dan flash sensorik.

YesDok Ads

Hingga saat ini belum diketahui dengan pasti apa yang menyebabkan hypnic jerk. Hypnic jerk ini tergolong tidak berbahaya jika terjadi hanya sesekali saja. Hypnic jerk juga dapat menghilang dengan sendiri tanpa pengobatan khusus. Agar hypnic jerk tidak mengganggu tidur Anda, sebaiknya mulailah menerapkan pola hidup sehat.  Langkah-langkah berikut ini dapat membantu Anda untuk tidur nyenyak tanpa gangguan hypnic jerk:

  • Cobalah mengurangi mengonsumsi kafein saat sore dan malam hari.
  • Hindari minuman beralkohol yang dapat memicu kegelisahan saat tidur.
  • Olahraga dilakukan lebih awal sebelum setengah hari atau olahraga dengan intensitas rendah.
  • Pastikan Anda mematikan semua teknologi sekitar 30 menit sebelum tidur.
  • Latihan pernapasan ringan dengan cara tarik napas selama 10 hitungan, tahan nafas selama 5 hitungan dan buang napas selama 10 hitungan.

Pada dasarnya hypnic jerk ini dapat mengganggu waktu tidur malam Anda. Jika terjadi terus menerus dapat berdampak pada kualitas tidur Anda. Anda akan merasa lemas dan tidak segar saat bangun di malam hari. Selain itu juga dapat membuat Anda sulit fokus dan mengganggu ketenangan psikis. 

(Foto: the sleep doctor)

YesDok Ads