Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

November 05, 2022 | Iman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat sering kali terjadi dan pastinya cukup mengganggu aktivitas, di mana napas menjadi tidak lancar. 

Tak heran jika banyak orang ingin tahu bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat agar tidak terganggu dengan kondisi ini. 

Tidak selalu flu, penyebab hidung tersumbat bisa dari berbagai kondisi, seperti alergi debu, asap atau tidak kuat terhadap cuaca dingin. 

Kini saatnya Anda mengetahui beberapa cara mengatasi hidung tersumbat, berikut penjelasannya.

Menjaga Suhu Tetap Hangat

Cara ini dapat dilakukan dengan berjemur di bawah sinar matahari saat pagi. Cobalah untuk duduk di luar rumah di rentang waktu 7-9 pagi.

Selain mengatasi hidung tersumbat, berjemur di bawah matahari dapat memberikan banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh, salah satunya meningkatkan imun. 

Menjaga Tubuh Terhidrasi

Menjaga tubuh tetap terhidrasi merupakan salah satu cara mengatasi hidung tersumbat. Mengapa begitu? Pasalnya, menjaga cairan tubuh dibutuhkan agar kondisi badan tetap baik.

Kekurangan cairan tubuh akan menyebabkan kondisi kesehatan semakin memburuk. Karenanya, penting menjaga cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih.

Minum air putih dalam jumlah cukup juga akan membantu mengencerkan lendir pada hidung, sehingga akan meredakan hidung tersumbat.

Menghirup Uap Hangat

YesDok Ads

Cara mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah dengan menghirup yang hangat. Upaya ini juga membantu melegakan pernapasan.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan wadah berisi air hangat, kemudian dekatkan wajah pada wadah dan cobalah hirup uap hangatnya.

Pastikan air tidak terlalu panas untuk menghindari sensasi luka bakar pada wajah. 

Anda juga dapat melakukannya dengan cara lain, misalnya mandi air hangat atau membasuh wajah dengan waslap yang sudah dicelupkan air panas.  

Menggunakan Humidifier di Ruangan

Memasang humidifier menjadi cara mengatasi hidung tersumbat yang efektif, terlebih apabila Anda berada dalam ruangan yang menggunakan AC.

Dengan menggunakan humidifier, kelembaban udara dalam ruangan akan terjaga, selain itu penyebaran debu juga akan berkurang sehingga saluran napas lebih terbuka.

Menggunakan Minyak Eucalyptus

Minyak eucalyptus merupakan salah satu cara meredakan hidung tersumbat secara alami dengan cepat dan efektif.

Oleskan minyak eucalyptus pada bagian tubuh yang meliputi area dada, leher dan hidung.

Aroma yang dihasilkan dari minyak tersebut akan membantu menghangatkan hidung sehingga saluran pernapasan menjadi lebih lancar.

YesDok Ads