Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

April 23, 2022 | Aqiyu

bibir kering

Tidak dapat dipungkiri jika selama puasa bibir Anda bisa berpotensi mengalami bibir kering. Hal ini wajar terjadi karena hampir seluruh tubuh mengalami dehidrasi akibat kekurangan cairan  sepanjang hari. Meski begitu, bukan berarti hal tersebut tidak bisa dicegah dan diatasi. 

Untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat berpuasa, Anda tidak diperbolehkan untuk menjilat bibir karena justru dapat membuat bibir semakin kering. Mengelupas kulit bibir, mengonsumsi kafein hingga mengonsumsi makanan pedas dan asin. Sebab, makanan asin dan pedas dapat membuat tubuh kehausan sepanjang hari.

Lalu, bagaimana cara yang tepat mengatasi bibir kering saat berpuasa? Berikut ini adalah hal yang bisa Anda dilakukan untuk mengatasi bibir kering saat berpuasa:

Perbanyak minum air putih

Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka puasa agar tubuh Kembali terhidrasi. Anda bisa menggunakan metode 2-4-2, dimana Anda minum air putih dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas sepanjang malam dan dua gelas saat sahur.

Perbanyak makan sayur dan buah

Tubuh yang mengalami dehidrasi bisa membuat bibir kering dan pecah-pecah. Selain menjaga asupan cairan dengan minum yang cukup, Anda juga bisa memperbanyak mengonsumsi sayuran dan buah yang mengandung air yang tinggi. Cairan tubuh yang hilang dapat tergantikan dengan buah pir, semangka, jeruk dan lainnya.

YesDok Ads

Pelembab bibir

Pelembab bibir atau lip balm adalah senjata ampuh yang dapat mengatasi bibir kering dengan cepat. Apalagi jika selama berpuasa Anda banyak menghabiskan waktu di ruangan ber-Ac dan memiliki kebiasaan menggunakan lipstik. Gunakanlah pelembab bibir yang mengandung jojoba oil dan vitamin E.

Eksfoliasi bibir

Biasanya bibir kering dan pecah-pecah ditandai dengan penumpukan sel kulit mati. Untuk mengangkat sel kulit mati tersebut, Anda dapat melakukan eksfoliasi atau scrub bibir. Lakukan eksfoliasi bibir ini setelah berbuka puasa sebanyak 1-2 kali seminggu.

Pakai humidifier

Menggunakan humidifier sangat membantu dalam melembabkan udara ruangan sehingga kulit tetap terhidrasi selama berpuasa. Penggunaan humidifier ini bisa digunakan sepanjang hari saat bekerja atau saat tidur.

(Foto: emedihealth)

YesDok Ads