Diet
+1

Cara Menerapkan Mindful Eating

August 15, 2022 | Kaifia

Mindful Eating

Mindful eating adalah teknik yang membantu Anda mengontrol kebiasaan makan Anda dengan baik. Saat Anda “makan dengan penuh perhatian”, mereka mendorong Anda untuk memperhatikan tindakan atau aksi Anda saat makan

Praktek ini digunakan untuk mengobati berbagai kondisi termasuk eating disorder, depresi dan kecemasan.

Mengonsumsi makanan dengan penuh kesadaran membantu Anda mencapai keadaan perhatian penuh pada keinginan dan isyarat fisik saat Anda makan. Nyatanya, masih banyak orang yang tidak berfokus pada saat mengonsumsi makanan sehingga hal tersebut memicu kebiasaan buruk seperti terlalu sering makan makanan tidak sehat. 

Mengapa Anda perlu mempraktikkan mindful eating?

Dengan menerapkan hal ini, Anda beralih ke fokus penuh terhadap kesadaran indera pada makanan yang sedang Anda kunyah dan menjadikan makan tersebut sebagai tindakan yang disengaja, bukan otomatis.

Lalu, mindful eating juga dapat mendorong pengenalan Anda akan rasa lapar fisik dan isyarat kenyang sehingga membedakan antara rasa lapar fisik dan emosional.

YesDok Ads

Berbeda apabila Anda makan terlalu cepat, sinyal kenyang mungkin tidak akan datang sampai Anda sudah makan terlalu banyak.

Mindful eating juga membuat Anda lebih sadar akan pemicu-pemicu yang membuat Anda ingin makan, meskipun Anda belum tentu lapar.

Bagaimana mempraktikkannya?

Healthline melansir beberapa cara sederhana yang dapat Anda terapkan untuk memulai menerapkan mindful eating, berikut antaranya adalah

  • Makan lebih lambat dan jangan terburu-buru 
  • Kunyah secara seksama
  • Hindari distraksi sebaik mungkin seperti mematikan TV saat sedang makan
  • Fokus pada indera perasa saat Anda melahap dan mengunyah makanan tersebut
  • Berhenti makan saat Anda kenyang

Mindful eating membutuhkan latihan dan percobaan secara konsisten. Saat Anda telah berhasil rutin menerapkannya, Anda akan menjadi lebih fokus melakukan kebiasaan ini ke banyak jenis makanan lainnya. 

YesDok Ads