Cara Mencegah Pneumonia bagi Lansia

February 17, 2022 | Iman

Vaksin lansia

Penyebab dari penyakit Pneumonia yaitu pathogen, karakteristik individu, dan juga faktor lingkungan. Para ahli menekankan faktor kekebalan tubuh sangat berpengaruh terhadap seseorang dapat terjangkit penyakit pneumonia atau tidak. 

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh yaitu dengan vaksinasi. Vaksinasi merupakan suatu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan membentuk antibodi sehingga tubuh memiliki kesiapan untuk menangkal bakteri atau virus yang akan masuk ke dalam tubuh. 

Penyakit pneumonia dapat bersifat invasif dan non-invasif, kekebalan tubuh dapat merubah dari non-invasif menjadi invasif. Sehingga vaksinasi pneumonia ini menjadi hal yang penting untuk dilakukan kepada lansia, dimana kekebalan tubuh yang mereka miliki akan semakin rendah. 

YesDok Ads

Menurut para ahli, hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan vaksinasi pneumonia ini yaitu, pertama indikasi dari vaksin ini untuk usia lebih dari 50 tahun. Kedua, adanya riwayat alergi dan gejala akut yang juga harus diperhatikan.

Pneumonia bukanlah penyakit yang tidak bisa dicegah atau diobati. Perbaikan gaya hidup seperti pencegahan merokok, pemberian nutrisi yang optimal, dan pemberian vaksin merupakan langkah-langkah yang harus diketahui oleh masyarakat untuk mencegah pneumonia. 

Vaksin pneumonia merupakan salah satu langkah pencegahan yang sangat dianjurkan oleh CDC. Vaksin pneumonia dapat diberikan kepada bayi, anak-anak, orang dewasa, dan lansia. Menurut CDC, pada orang dewasa berusia 65 tahun ke atas, vaksin pneumonia memiliki tingkat efektivitas 50% hingga 85% dalam hal melindungi individu dari penyakit pneumonia.

YesDok Ads