Cara Mencegah Penyakit Alzheimer

September 25, 2022 | Iman

Cara Mencegah Penyakit Alzheimer

Semakin tua, rata-rata manusia menjadi semakin rentan terserang berbagai penyakit. Apalagi bila sewaktu muda tidak menjaga kesehatan dengan baik. Salah satu penyakit yang identik menyerang usia tua adalah alzheimer atau pikun. 

Tanda-tanda awal penyakit alzheimer penting sekali untuk diketahui karena dapat menjadi panduan bagi Anda untuk membantu penderita mendapatkan perawatan lebih awal serta dapat menjadi antisipasi bagi diri dan keluarga agar tidak sampai mengalaminya.

Tindakan pencegahan mungkin sudah terlambat apabila pengidap sudah menunjukan tanda-tanda akan penyakit alzheimer ini. Namun demikian, agak sedikit terlambat tentu masih akan lebih mudah ditangani jika belum terlalu parah.

Tanda-tanda Awal Penyakit Alzheimer pada Lansia

YesDok Ads

Gejala awal munculnya penyakit alzheimer ini adalah menurunnya daya ingat dan fungsi otak penderita. Hal ini juga yang membuat masyarakat luas mengira bahwa penyakit alzheimer ini sama dengan kepikunan. Tetapi tidak demikian, karena pikun hanyalah merupakan gejala awalnya saja. Semakin berlanjut, maka akan bermunculan gejala-gejala lain yang bisa saja semakin parah. Tanda-tanda awal penyakit alzheimer derajatnya pun bervariasi dan tidak dapat disamaratakan pada setiap orang.

Mencegah Penyakit Alzheimer dengan Kebiasaan Sederhana

Tindakan pencegahan penyakit selalu dapat dilakukan dimulai dari sejak masih muda, termasuk untuk mencegah penyakit alzheimer. Mulailah untuk berhenti merokok bila Anda adalah salah satu perokok. Menghindari rokok dapat membantu organ tubuh termasuk otak Anda lebih sehat dan jauh dari paparan racun dalam rokok sehingga tidak mudah terserang alzheimer. Rutin melakukan olahraga, menjaga asupan nutrisi dan gizi seimbang juga dapat dilakukan untuk menyehatkan tidak hanya tubuh tapi juga hingga ke otak.

(foto: helpguide)

YesDok Ads