Cara Mencegah Keguguran Berulang

May 14, 2022 | Aqiyu

wanita hamil

Sebagian besar wanita yang sudah menikah mendambakan momongan. Namun sayangnya, tidak semua wanita mudah mendapatkan kehamilan. Ada yang mengalami keguguran berulang kali yang dapat membuat trauma dan momok yang menakutkan bagi ibu hamil. Dalam dunia medis, keguguran berulang disebut dengan abortus habitualis.

Sebenarnya keguguran berulang memang jarang terjadi. Hanya sekitar 1 persen wanita yang mengalami kondisi seperti ini. Keguguran berulang kali ini disebabkan oleh banyak faktor termasuk factor genetic, gaya hidup, penyakit yang diidap ibu hamil dan kelainan. Setiap ibu hamil memiliki risiko keguguran apalagi saat usia kehamilan masih menginjak trimester pertama.

Meski begitu bukan berarti tidak ada hal yang bisa dilakukan untuk mencegah keguguran berulang. Berikut tips untuk membantu mencegah keguguran dna menjalani kehamilan sehat:

  • Menerapkan pola hidup sehat dengan menghindari paparan asap rokok dan mengelola stres dengan baik.
  • Tidak mengonsumsi alkohol dan membatasi asupan kafein maksimal 200 mg hari per hari.
  • Mengonsumsi setidaknya 400 mg asam folat setiap hari atau 1-2 dua bulan sebelum pembuahan.
  •  Mengonsumsi makanan sehat dengan nutrisi dan gizi yang seimbang.
  • Menjaga berat badan ideal.
  • Olahraga dengan rutin.
  • Melengkapi vaksinasi yang telah disarankan oleh dokter.
  • Menjalani sejumlah pemeriksaan dan pengobatan dari dokter untuk meminimalkan risiko keguguran berulang. Misalnya tes diabetes atau skrining Penyakit Menular Seksual.

Menjaga kehamilan tetap sehat

YesDok Ads

Bila Anda terlanjur hamil, sebaiknya jangan khawatir berlebih atau panik. Ada beberapa cara untuk menjaga kehamilan tetap sehat. Selama masa kehamilan, Anda sebaiknya rutin memeriksakan ke dokter. Kunjungan rutin  ke dokter ini untuk memantau kesehatan ibu hamil serta perkembangan janin dan membantu mencegah bayi lahir cacat.

Perhatikan asupan yang dikonsumsi selama kehamilan. Pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat yang memberikan nutrisi dan gizi. Menghindari mengonsumsi makanan yang tidak boleh dikonsumsi selama hamil. Beberapa jenis makanan dikaitkan dengan perkembangan janin yang buruk. Ibu hamil juga bisa rutin mengonsumsi vitamin dibawah pengawasan dokter dan rutin olahraga dan melakukan kegiatan fisik yang ringan. Untuk olahraga yang tepat sebaiknya konsultasi terlebih dahulu pada dokter.

(Foto: fortune)

YesDok Ads