Cara Mencegah Hipertensi pada Ibu Hamil

March 19, 2023 | Iman

Hipertensi pada Ibu Hamil

Hipertensi pada ibu hamil adalah salah satu masalah yang harus diwaspadai. Kondisi ini terjadi ketika angka tekanan darah melebihi batas normal. Perlu diketahui, angka tekanan darah merupakan salah satu indikator kesehatan ibu hamil dan janin yang dapat membantu dokter mendeteksi masalah kesehatan selama kehamilan.

Tekanan darah normal ibu hamil adalah 120/80 mmHg. Ibu dikatakan mengalami hipertensi jika angka tekanan darahnya mencapai 140/90 mmHg. Sejumlah gejala hipertensi saat hamil adalah nyeri kepala, gangguan penglihatan/pandangan kabur, nyeri perut, sesak napas serta pembengkakan pada tangan dan wajah.

Hipertensi pada Ibu Hamil

Hipertensi saat hamil sering terjadi pada trimester kedua atau ketiga. Agar tidak berlanjut menjadi komplikasi, ada beberapa gaya hidup sehat yang bisa diterapkan untuk mengatasi hipertensi selama masa kehamilan. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Mengurangi Konsumsi Garam

Konsumsi garam berlebihan merupakan salah satu penyebab umum hipertensi pada ibu hamil. Untuk menanganinya, ibu perlu membatasi asupan garam setiap harinya, baik pada masakan ataupun makanan kemasan. 

2. Menjaga Kenaikan Berat Badan Normal

Kenaikan berat badan ketika hamil merupakan hal yang wajar. Meski begitu, laju kenaikan berat badan tetap perlu dikontrol agar tidak berlebihan. Pasalnya, berat badan berlebihan dapat memperparah hipertensi pada ibu hamil. 

YesDok Ads

3. Memperbanyak Asupan Sayur dan Buah

Salah satu cara efektif untuk mengatasi hipertensi pada ibu hamil adalah memperbanyak asupan sayur dan buah. Pasalnya, buah dan sayur memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk menurunkan tekanan darah sekaligus mendukung perkembangan janin. 

4. Rutin Melakukan Olahraga Ringan

Meski tengah mengandung, ibu tetap dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik. Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup dengan olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah, seperti yoga atau senam ibu hamil.

5. Mengonsumsi Omega-3

Menurut penelitian,selain meningkatkan kecerdasan janin, asam lemak omega-3 juga dapat digunakan sebagai penanganan hipertensi pada ibu hamil. Namun, pastikan ibu hamil mendapatkan sumber omega-3 yang aman, seperti ikan salmon atau suplemen omega-3 yang sesuai anjuran dokter.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: everyday health)

YesDok Ads