Diet
+1

Cara Menambah Berat Badan dengan Aman

January 28, 2023 | Iman

cara menambah berat badan

Tak hanya obesitas, berat badan yang terlalu rendah atau underweight juga berbahaya bagi kesehatan. Ada sejumlah risiko kesehatan terkait dengan kekurangan berat badan, termasuk kerontokan rambut, kulit kering, masalah kesuburan, dan kesehatan gigi yang buruk. 

Dalam kasus yang parah, orang yang kekurangan berat badan mungkin memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah atau mengalami osteoporosis.

Ada beberapa tips dan cara menambah berat badan secara sehat dan aman yang dapat dicoba, diantaranya: 

1. Meningkatkan Asupan Kalori

Hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menambah berat badan adalah menciptakan surplus kalori. Artinya, Anda harus makan lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan tubuh.

Jika Anda ingin menambah berat badan secara perlahan dan mantap, targetkan 300 hingga 500 kalori lebih banyak daripada yang Anda bakar setiap hari. Namun, jika Anda ingin menambah berat badan dengan cepat, targetkan sekitar 700 hingga 1.000 kalori di atas kebutuhan normal Anda.

2. Meningkatkan Asupan Protein

Cara lainnya untuk menambah berat badan adalah dengan meningkatkan asupan protein harian. Konsumsi protein yang cukup dari sumber hewani sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan tubuh yang optimal.

Saat ingin menambah berat badan, protein dapat membantu meningkatkan massa otot, bukannya lemak. Untuk mendorong pertumbuhan otot serta kekuatan fisik pada orang dewasa yang sehat dengan aktivitas fisik minimal hingga intens, asupan protein yang direkomendasikan adalah antara 1,0 hingga 1,6 gram protein per kilogram berat badan per hari.

Makanan berprotein tinggi termasuk daging, ikan, telur, banyak produk susu, polong-polongan, kacang-kacangan, dan lain-lain. Suplemen protein seperti whey juga dapat bermanfaat bagi Anda yang sulit mendapatkan cukup protein dalam makanan.

YesDok Ads

3. Jadwal Makan yang Teratur

Salah satu masalah yang mungkin Anda hadapi saat ingin menambah berat badan adalah kesulitan makan dalam porsi besar setiap kali makan. Untuk mengakalinya, Anda bisa makan lebih sedikit, tapi sering. Misalnya setiap 2 atau 3 jam sekali.

Jika Anda memiliki nafsu makan yang lebih kecil atau ada hal lain yang menyulitkan Anda makan tiga kali sehari, mungkin cara ini bisa membantu. Cobalah selipkan camilan sehat yang tinggi kalori di sela waktu makan, dan sepanjang hari.

Ini dapat membantu Anda mengonsumsi makanan yang cukup untuk menambah berat badan, tanpa memaksakan diri untuk makan saat tidak lapar. Jadi, prosesnya pun akan jadi menyenangkan.

Namun, cara menaikkan berat badan masing-masing orang dapat berbeda menyesuaikan dengan kondisi kesehatan. Sebelum Anda memulai program peningkatan berat badan, periksa terlebih dahulu status gizi dengan menghitung indeks massa tubuh. 

Jika hasil perhitungan menunjukkan bahwa berat badan Anda memang kurang, cobalah perbaiki pola makan atau berkonsultasi ke dokter gizi klinik.

Berikut adalah informasi mengenai cara menambah berat badan yang amaan dan secara sehat. Simak lebih lanjut mengenai informasi diet hanya di YesDok.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(foto: medicalnewstoday)

YesDok Ads