Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

October 30, 2022 | Iman

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Memiliki gigi putih merupakan impian setiap orang, siapa tak menginginkannya? Selain dari segi kecantikan, cerahnya warna gigi juga menunjukkan bahwa kesehatan mulut Anda terjaga. Rupanya, ada beberapa cara memutihkan gigi secara alami yang bisa Anda coba.

Tak dipungkiri bahwa kini sudah banyak produk-produk yang memiliki klaim bisa memutihkan gigi secara instan. Namun, alangkah baiknya Anda tetap berhati-hati. 

Untuk itu, Anda dapat mencoba beberapa cara alami berikut ini.

1. Rajin Menyikat Lidah atau Flossing

Sisa makanan dan plak yang tidak bersih lama-kelamaan akan berisiko membuat gigi berwarna kuning.

Flossing merupakan cara membersihkan gigi dengan benang khusus gigi yang akan membantu menghilangkan plak atau sisa makanan yang tidak terjangkau sikat gigi biasa.

Agar hasilnya lebih maksimal, Anda juga dapat menggunakan sikat lidah untuk menghilangkan bakteri sisa makanan hingga tuntas.

2. Menyikat Gigi dengan Benar

Cara memutihkan gigi kuning secara alami selanjutnya adalah dengan memperhatikan cara sikat gigi.

Pastikan Anda sudah menyikat setiap bulir gigi dengan gerakan membulat selama dua menit, atau 30 detik di masing-masing bagian gigi depan, dalam, samping kanan, dan kiri.

Anda disarankan rutin menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Selain teknik menyikat, ada baiknya Anda memilih pasta gigi untuk memutihkan gigi yang mengandung fluoride dan triclosan.

Menurut penelitian, dua kandungan aktif tersebut efektif dalam membersihkan plak gigi yang dapat memicu gigi kuning dan karang gigi.

3. Membatasi Konsumsi Gula

YesDok Ads

Membatasi asupan gula juga menjadi salah satu cara memutihkan gigi kuning secara alami dan cepat. 

Pasalnya, gula dapat memicu pertumbuhan bakteri Streptococcus yang dapat menyebabkan penumpukan plak hingga radang gusi.

Karena itu, apabila Anda mengonsumsi makanan yang mengandung gula usahakan untuk menggosok gigi setelahnya.

4. Memperbanyak Sayur dan Buah-buahan

Sayur dan buah-buahan rupanya menjadi salah satu cara alami memutihkan gigi.

Hal ini dikarenakan kandungan air dalam dua jenis makanan tersebut diketahui dapat membersihkan sisa makanan serta mencegah asam yang dapat memicu gigi kuning.

Selain itu, kandungan zat alami buah, seperti asam malat diklaim dapat mengurangi noda pada gigi, sehingga membuat gigi tetap putih. 

Jadi, tidak ada salahnya jika Anda rutin mengonsumsi buah atau sayuran segar setiap harinya untuk menjaga kesehatan gigi sekaligus mencukupi nutrisi bagi tubuh. 

5. Sering-sering Minum Air Putih

Air putih memberikan banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya yaitu membilas sisa makanan yang berpotensi menyebabkan plak pada gigi.

Nah, apabila dibiarkan, plak-plak tersebut dapat menyebabkan warna gigi menjadi kekuningan. Jadi, usahakan selalu minum air putih, terutama setelah makan.

Selain sebagai salah satu cara memutihkan gigi secara alami, air putih dapat menyeimbangkan zat mineral dalam rongga mulut sehingga mencegah lubang pada gigi.

(foto: medical news today)

YesDok Ads