0 Point
memotong sayuran

Cara Memotong Sayur Agar Nutrisinya Tetap Terjaga

Sayuran menjadi pilihan menu sehat bagi semua orang. Sayuran mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi sayuran sendiri juga dapat diolah menjadi berbagai menu enak. Namun, bukan hanya jika salah mengolah sayuran maka nutrisi yang dikandung akan hilang. Cara memotong sayuran pun harus diperhatikan agar nutrisinya tetap terjaga.

Cara mengupas hingga memotong sayuran dapat memengaruhi kandungan gizi pada sayuran. Dilansir Very Well Fit, penyebab kandungan nutrisi pada sayuran hilang adalah panas, oksigen dan cahaya. Hal ini dikarenakan sayuran memiliki lapisan luar yang bertugas untuk melindungi vitamin dari oksigen dan cahaya. Sehingga saat dipotong kandungan antioksidan pada vitamin akan bereaksi terhadap oksigen.

Terlebih lagi, sayuran yang sudah dipotong-potong akan mudah mengalami pembusukan, perubahan rasa hingga kualitas sayur. Berikut cara memotong sayuran agar nutrisinya tidak hilang:

Mencuci sayuran sebelum dikupas

Mencuci sayuran sangat disarankan untuk menjaga kebersihan sayuran sebelum diolah. Namun hal yang harus diperhatikan adalah mencuci sayuran sebelum Anda mengupasnya. Mencuci sayuran setelah dikupas atau dipotong dapat membuat vitamin yang dikandung larut dalam air. Sehingga nutrisi sayuran dapat berkurang.

Jangan memotongnya terlalu kecil

Penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Food & Science, sayuran yang dipotong terlalu kecil dapat meningkatkan risiko perubahan warna, dehidrasi dan kehilangan nutrisi. Apalagi ada beberapa sayuran yang tidak tahan lama seperti selada dan kubis. Pada sayuran jenis tersebut sebaiknya hindari memotongnya kecil-kecil. atau Anda dapat mengonsumsinya secepat mungkin.

Pisau yang tajam

Memotong sayuran dengan menggunakan pisau yang tumpul atau tidak tajam dapat menghilangkan nutrisinya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pisau yang tumpul membuat banyak gesekan dari logam pisau sehingga memotong sayuran dengan pisau tumpul dapat merusak dinding sel sayuran sementara dengan pisau yang tajam dapat menjaga elektrolit seperti kalium dan kalsium pada sayuran tidak rusak.

Tidak semua sayuran dikupas

Anda harus mengetahui sayuran mana yang harus dikupas dan tidak. Sebab, tidak semua sayuran itu harus dikupas. Sayuran seperti tomat, mentimun, kentang baby dan terong tidak perlu dikupas agar mendapatkan nutrisi yang maksimal. Sedangkan pada sayuran yang dikupas, Anda disarankan untuk mengupasnya setipis mungkin mendekati kulit.

(Foto: lowvelder)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok