Cara Membersihkan Bahan Makanan saat Pandemi Corona

April 17, 2020 | Iman

Membersihkan sayuran

Sebagian besar negara di dunia tengah menyarankan masyarakat agar tetap di rumah untuk memutus rantai penyebaran Coronavirus (Covid-19), begitu juga dengan Indonesia. 

Oleh karena itu, saat ini sebagian orang lebih banyak belanja secara online bahkan soal bahan makanan karena merasa hal tersebutlah cara yang paling aman.

Namun perlu diperhatikan, sebenarnya apa cara teraman saat berbelanja bahan makanan dan apa yang harus Anda lakukan begitu Anda bahan makanan tersebut tiba dirumah?

Coronavirus diyakini tidak akan menular melalui makanan, tetapi virus tersebut bisa bertahan di permukaan, seperti plastik atau kardus yang digunakan untuk mengemas makanan yang mungkin telah disentuh oleh orang yang sakit. 

Jadi, sangat penting untuk tetap berhati-hati dan melakukan tindakan pencegahan lainnya saat berbelanja bahan makanan serta secara benar dan bersih dalam menyimpan bahan makanan di rumah.

Bagaimana Cara Berbelanja Dengan Aman Saat Adanya Pandemi?

Ada beberapa tips, diantaranya adalah Orang yang paling sehat di rumah adalah orang yang harus pergi membeli bahan makanan dan barang-barang penting lainnya. Jangan lupa, Bawalah hand sanitizer saat keluar untuk berbelanja. 

Lalu Pakailah sarung tangan saat memegang buah dan sayuran karena banyak tangan yang menyentuhnya dan cuci tangan setelah menyentuh keranjang belanja atau mesin pembayaran.

YesDok Ads

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk melakukan transaksi secara online dengan menggunakan kartu daripada menggunakan uang. 

Setelah sampai di rumah, taruh tas belanjaan Anda di luar dan anda sebaiknya cuci tangan Terlebih dahulu dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik atau gunakan pembersih tangan berbasis alkohol.

Bagaimana Cara Membersihkan Bahan Makanan Anda?

Jika anda membeli makanan kaleng, Bersihkan kaleng tersebut dengan kain basah atau cuci sebelum menyimpannya untuk mengurangi kemungkinan adanya virus yang menempel.

Untuk buah dan sayuran, Cuci dengan baik menggunakan air mengalir selama 20 hingga 30 detik. Sementara untuk sayuran seperti kentang atau wortel, anda bisa gunakan sikat lalu gosok, cuci dengan air dan biarkan hingga kering.

Setelah selesai mencuci buah dan sayuran, pastika untuk menyimpannya di meja yang bersih atau simpan di dalam lemari es.

Penting untuk diketahui, Hindari mencuci buah dan sayuran dengan sabun karena dapat mencemari makanan dan jika anda mengonsumsinya, dapat menyebabkan diare atau muntah.

(Foto: Freepik/spkphotostock)

YesDok Ads