Cara Memberikan Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Hipotermia

June 01, 2022 | Helmi

Ilustrasi Hipotermia

Hipotermia adalah penurunan suhu tubuh yang berpotensi berbahaya, biasanya disebabkan oleh paparan suhu dingin yang terlalu lama. 

Risiko paparan dingin meningkat saat bulan-bulan musim dingin tiba. Tetapi jika Anda terkena suhu dingin saat mendaki gunung atau berada di air dalam durasi lama, Anda juga bisa berisiko terkena hipotermia.

Saat hipotermia terjadi, suhu inti tubuh turun di bawah 35 derajat celcius. Pada hipotermia berat, suhu inti tubuh bisa turun hingga sekitar 27 derajat atau lebih rendah.

Bagaimana Paparan Dingin Menyebabkan Hipotermia?

Selama terpapar suhu dingin, sebagian besar kehilangan panas - hingga 90% - keluar melalui kulit Anda; sisanya, Anda menghembuskan napas dari paru-paru Anda. 

Kehilangan panas melalui kulit terjadi terutama melalui radiasi dan mempercepat ketika kulit terkena angin atau kelembaban. 

Jika paparan dingin karena direndam dalam air dingin, kehilangan panas dapat terjadi 25 kali lebih cepat daripada jika terkena suhu udara yang sama.

Hipotalamus, pusat pengontrol suhu otak, bekerja menaikkan suhu tubuh dengan memicu proses yang memanaskan dan mendinginkan tubuh. 

Selama paparan suhu dingin, menggigil merupakan respon protektif untuk menghasilkan panas melalui aktivitas otot. Biasanya, aktivitas jantung dan hati menghasilkan sebagian besar panas tubuh Anda. 

Tetapi ketika suhu inti tubuh mendingin, organ-organ ini menghasilkan lebih sedikit panas, yang pada dasarnya menyebabkan "matinya" pelindung untuk mempertahankan panas dan melindungi otak. 

Suhu tubuh yang rendah dapat memperlambat aktivitas otak, pernapasan, dan detak jantung. Kebingungan dan kelelahan dapat terjadi, menghambat kemampuan seseorang untuk memahami apa yang terjadi dan membuat pilihan cerdas untuk mengupayakan keselamatan.

YesDok Ads

Kemungkinan penyebab hipotermia meliputi:

Paparan dingin. Ketika keseimbangan antara produksi panas tubuh dan kehilangan panas mengarah ke kehilangan panas untuk waktu yang lama, hipotermia dapat terjadi. Hipotermia yang tidak disengaja biasanya terjadi setelah paparan suhu dingin tanpa pakaian yang cukup hangat dan kering untuk perlindungan. 

Pendaki gunung di Gunung Everest menghindari hipotermia dengan mengenakan perlengkapan khusus berteknologi tinggi yang dirancang untuk lingkungan yang berangin dan dingin.

Namun, lingkungan yang jauh lebih ringan juga dapat menyebabkan hipotermia, tergantung pada usia seseorang, massa tubuh, lemak tubuh, kesehatan secara keseluruhan, dan lamanya waktu terpapar suhu dingin. 

Penyebab lainnya. Kondisi medis tertentu seperti diabetes dan kondisi tiroid, beberapa obat, trauma parah, atau penggunaan obat-obatan atau alkohol semuanya meningkatkan risiko hipotermia.

Cara Mengatasi Hipotermia

Hipotermia adalah kondisi yang berpotensi mengancam jiwa yang membutuhkan perhatian medis darurat. Berikut ini hal yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi hipotermia jika perawatan medis tidak segera tersedia:

  • Lepaskan semua pakaian basah, topi, sarung tangan, sepatu, dan kaus kaki.
  • Lindungi orang tersebut dari angin, angin kencang, dan kehilangan panas lebih lanjut dengan pakaian dan selimut yang hangat dan kering.
  • Pindahkan perlahan ke tempat perlindungan yang hangat dan kering sesegera mungkin.
  • Mulailah menghangatkan orang itu dengan pakaian ekstra. Gunakan selimut hangat. Barang-barang bermanfaat lainnya untuk pemanasan adalah: selimut listrik ke area batang tubuh dan paket panas dan bantalan pemanas di batang tubuh, ketiak, leher, dan selangkangan. Namun, ini dapat menyebabkan luka bakar pada kulit. Gunakan panas tubuh Anda sendiri jika tidak ada lagi yang tersedia.
  • Ambil suhu orang tersebut jika termometer tersedia untuk memantau suhu tubuhnya.
  • Tawarkan cairan hangat, tetapi hindari alkohol dan kafein, yang mempercepat hilangnya panas. Jangan mencoba memberikan cairan kepada orang yang tidak sadar.

Jika orang yang mengalami hipotermia tidak sadar, atau tidak ada denyut nadi atau tanda-tanda pernapasan, segera hubungi bantuan darurat. CPR (cardiopulmonary resuscitation) harus segera diberikan jika denyut nadi tidak dapat dirasakan dan tidak ada tanda-tanda pernapasan. 

Rasakan denyut nadi hingga satu menit penuh sebelum memulai CPR, karena detak jantung mungkin sangat lambat dan Anda tidak boleh memulai CPR jika ada detak jantung.

CPR harus dilanjutkan, jika tidak ada tanda-tanda pernapasan atau denyut nadi, sampai paramedis tiba atau orang tersebut dibawa ke rumah sakit.

Dalam kasus hipotermia lanjut, perawatan di rumah sakit diperlukan untuk menghangatkan kembali suhu inti. Cari bantuan medis sesegera mungkin untuk siapa pun dengan masalah hipotermia.

YesDok Ads