Cara Membatasi Penggunaan Gadget pada Anak Selama Pandemi Corona

April 19, 2020 | Iman

Anak menggunakan gadget

Terlalu lama menggunakan gadget dapat mengundang beberapa masalah kesehatan seperti obesitas, sakit leher, dan lainnya. 

Inilah yang perlu diperhatikan para orang tua untuk mengurangi waktu anak-anak dalam menggunakan gadget saat pandemi Virus Corona saat ini dan terpaksa harus berdiam diri di rumah.

Situasi yang terjadi selama berminggu-minggu tersebut memang membosankan. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun ingin keluar untuk bermain tetapi mereka tidak bisa. 

Oleh sebab itu, Ketika terus menerus tinggal di rumah, kemungkinan anak-anak akan terus menggunakan gadget untuk membunuh rasa bosan.

Namun, perlu diperhatikan terlalu lama di depan layar gadget atau televisi yang berlebihan dapat mengundang masalah kesehatan seperti membuat mata tegang dan bahkan gangguan pada struktur dan fungsi otak. Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan orang tua dalam membatasi penggunaan gadget pada anak.

1. Bebaskan Mereka dari Gadget

Cobalah untuk membuat zona bebas teknologi di mana Anda tidak mengizinkan anak-anak menggunakan smartphone atau laptop. Sebaiknya, Dorong anak-anak Anda untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga. 

2. Digital detox

YesDok Ads

Jauhi penggunaan gadget apa pun untuk jangka waktu tertentu dan pastikan anak-anak tidak menggunakan ponsel satu jam sebelum tidur.

3. Monitor konten

Anda harus melindungi anak-anak Anda dari konten berbahaya, tetapkan peraturan dan awasi apa yang anak anda lihat di gadget. Jangan berikan anak-anak smartphone sendiri dan batasi penggunaannya.

4. Mendidik anak-anak

Anda harus mengajarkan anak-anak agar mereka paham akan konten berbahaya. Jelaskan kepada mereka jika menonton film dengan konten kekerasan dapat mengganggu pikiran mereka. 

5. Berikan Permainan Lain

Ajak anak-anak Anda untuk bermain memecahkan teka-teki, membaca buku, atau mendengarkan musik untuk mengembangkan kreativitas. 

(Foto: Freepik/a3pfamily)

YesDok Ads