Cara Melindungi Kuku dari Paparan Sinar UV

June 24, 2019 | Helmi

Bukan hanya kulit Anda yang membutuhkan perlindungan dari paparan sinar matahari. Kuku menjadi rapuh dan menguning jika terkena sinar UV terlalu banyak. Anda juga dapat mengembangkan kanker kulit di bawah kuku Anda.

Menurut Birchbox, matahari juga membakar kuku Anda. Sinar matahari bisa menghitamkan kuku dan menyebabkan rasa sakit seolah-olah sesuatu yang berat menghantam jari-jari Anda. Untung ada solusi alami yang dapat Anda gunakan dalam mencegah kerusakan UV pada kuku Anda.

UV Polish

Menurut Jin Soon Choi, Manicurist and founder of a 9-free nail polish line, produk ini dapat menyerap atau membelokkan sinar matahari, sehingga melindungi kuku Anda dari kerusakan akibat sinar UV. Dia juga menambahkan bahwa karena kuku terbuat dari protein keratin, mereka mudah rusak oleh sinar matahari. Sebagai alternatif, Anda juga dapat menggunakan lotion SPF untuk melindunginya.

Ridge Fillers

YesDok Ads

Ridge fillers atau base coat biasa digunakan sebelum menggunakan nail polish. Produk ini bisa menghindari kerusakan kuku akibat sinar matahari. Karena itu, penting juga untuk melindungi kutikula Anda karena kerusakan apa pun dapat memengaruhi pertumbuhan kuku dan meningkatkan risiko infeksi jamur atau bakteri.

Setiap kali Anda mengalami kekuningan atau tonjolan di kuku, gunakan produk ini sebagai alas. Lapisan dasar akan membuat kuku Anda terlihat lebih halus. Setelah itu, Anda juga dapat menambahkan minyak kutikula atau balsem untuk menjaga kuku tetap terhidrasi.

Biotin

Biotin atau vitamin B7, vitamin H atau koenzim R mendorong pertumbuhan sel yang sehat. Ini juga membantu metabolisme asam amino pembangun protein yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan kuku. Makanan seperti bayam, ubi jalar, keju, dan jamur, kaya akan biotin yang memperkuat kuku. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen biotin yang membantu pertumbuhan kuku.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Perpustakaan Kedokteran Nasional AS, 63 persen dari mereka yang mengonsumsi 2,5 miligram biotin per hari selama enam minggu hingga tujuh bulan memiliki pertumbuhan kuku yang lebih baik.

YesDok Ads