Cara Melegakan Tenggorokan dari Dahak

May 16, 2022 | Aqiyu

batuk

Dahak merupakan lendir yang kerap kali muncul saat Anda sedang batuk. Dahak bisa membuat tenggorokan gatal namun kadang sulit untuk dikeluarkan. Biasanya kebanyakan orang akan memilih mengonsumsi obat batuk untuk melegakan tenggorokan dari dahak. Tapi Anda juga bisa  melakukannya dengan cara alami tanpa obat.

Produksi dahak di tenggorokan bisa meningkat bila mengalami flu, asma, sinusitis, alergi, hingga asam lambung. Dahak mengandung bakteri, virus, partikel benda asing seperti debu dan sel radang. Warna dahak pun bisa menjadi indikator kesehatan seseorang. Dahak berwarna kuning atau hijau menandakan seseorang terinfeksi bakteri. Dahak berwarna putih menandakan seseorang terinfeksi virus. Sedangkan dahak berwarna merah atau pink menandakan adanya darah. 

Untuk menghilangkan dahak dari tenggorokan, terutama saat Anda mengalami batuk berdahak sebagai berikut:

Banyak minum air putih

Minum air hangat dapat membantu mengencerkan dahak yang kental. Selain itu, minum air hangat juga dapat melegakan saluran pernapasan Anda.

Berkumur dengan air garam

YesDok Ads

cara ampuh mengeluarkan dahak dari tenggorokan adalah dengan cara berkumur air garam. Air garam ampuh dalam mengencerkan dahak serta membunuh kuman di tenggorokan. Untuk berkumur dengan air garam, Anda disarankan menggunakan air putih hangat dengan setengah sendok teh garam. Anda bisa berkumur hingga larutan menyentuh tenggorokan.

Mengompres hangat bagian wajah

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa cara ini bisa mengeluarkan dahak di tenggorokan. Mengompres wajah bisa meredakan penumpukan lendir akibat sinus. Selain itu, hiruplah udara dari kain kompres lembab ini juga bisa melembabkan tenggorokan sehingga mudah dikeluarkan.

Posisi kepala lebih tinggi

Lendir dari hidung bisa turun dan tersangkut di tenggorokan. Hal inilah terkadang membuat Anda merasa berdahak padahal sedang tidak batuk. Saat tidur, Anda bisa memposisikan kepala lebih tinggi untuk mengeluarkan dahak. Sebab, tidur dengan berbaring dan datar akan sulit keluar lewat mulut.

(Foto: verywell family)

YesDok Ads