Diet
+1

Cara Kontrol Asupan Makanan Anda

November 17, 2019 | Kaifia

Banyaknya dampak buruk yang ditimbulkan oleh kebiasaan makan makanan dalam jumlah yang berlebihan, mengharuskan Anda untuk mencari beberapa cara menjaga asupan makanan. Berikut list yang bisa bantu Anda untuk mengurangi kebiasaan buruk makan secara berlebihan tersebut. 

Mengunyah permen karet 

Anda tidak harus membeli makanan ketika Anda merasa lapar. Siapkan selalu permen karet saat Anda berada di lorong penjual makanan, saat Anda ragu untuk membeli makanan atau tidak, sibukkan diri Anda dengan mengunyah permen karet. 

Penuhi dengan sayuran

Saat antri di tempat makan prasmanan, pastikan Anda terlabih dahulu mengambil berbagai jenis sayuran sebelum mengambil nasi. 

Membeli makan siang Anda dengan uang tunai

Dengan membeli makanan dengan uang tunai akan terasa nilai uang yang Anda keluarkan dibanding Anda membeli makan siang dengan kartu kredit dimana Anda akan terus menambah porsi tanpa terasa berpengaruhnya terhadap pengeluaran Anda. 

Matikan acara memasak di TV

Jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan, melihat makanan di TV bisa membuat Anda ingin ngemil. Acara memasak di TV akan memicu Anda untuk mencoba makanan baru yang disajikan, dan ini bisa berakibat buruk terhadap kebiasaan makan Anda 

Gunakan mangkuk kecil dan piring

Ukuran piring dan peralatan makan lain memberikan isyarat kepada otak Anda tentang berapa banyak makanan yang akan Anda makan. Dalam sebuah penelitian, orang-orang di Cina ketika prasamanan menggunakan piring besar memiliki kecenderungan untuk makan lebih dari 52% dibanding saat mereka tidak menggunakan piring besar. 

Makan perlahan-lahan, dan minum air

Kunyah makanan secara perlahan-lahan, fokus pada setiap kunyahan adalah cara sederhana untuk menahan makanan berlebih yang masuk. Proses pengiriman isyarat kenyang dari lambung menuju otak membutuhkan waktu 20 menit, jika Anda mengunyah secara perlahan, sebelum makanan habis isyarat ini akan sudah tiba otak dan akan bisa ambil keputusan untuk menghentikan makan Anda.

(Foto: health.harvard.edu)

YesDok Ads