0 Point
Wanita dengan logo kanker payudara

Cara Efektif Untuk Mencegah Risiko Kanker Payudara

Menurut data dan beberapa penelitian, Di dunia, kanker payudara merupakan kanker paling umum terjadi pada wanita. Kanker Ini terjadi ketika ada pertumbuhan abnormal sel-sel kanker payudara yang membelah lebih cepat di payudara sehingga menumpuk untuk membentuk benjolan.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita seperti gaya hidup, lingkungan, dan genetik tertentu.

Seperti kita ketahui, Faktor genetik merupakan faktor yang tidak dapat diubah, namun faktor lainnya seperti gaya hidup dapat kita ubah untuk mencegah risiko kanker payudara. 

Seperti dilansir laman Boldsky, Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko kanker payudara.

1. Konsumsi makanan nabati 

Makan buah dan sayuran berwarna cerah yang mengandung flavonoid diyakini dapat membantu menurunkan risiko kanker, karena kandungan flavonoid dalam buah dan sayur dapat mengatur pembelahan sel dan menghentikan pertumbuhan sel kanker payudara.

2. Menyusui 

Seorang ibu, ada kemungkinan lebih rendah terkena kanker payudara jika menyusui lebih dari setahun. ASI mengandung alfa-laktalbumin dan asam oleat yang dapat membatasi kemampuan sel tumor payudara untuk bertindak secara tidak normal.

3. Tetap aktif secara fisik 

Olahraga berperan penting dalam terapi kanker payudara. Menurut penelitian, aktivitas fisik dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara hingga 25 hingga 30 persen.

4. Berhenti merokok 

Menurut sebuah penelitian, wanita yang mulai merokok 5 tahun sebelum mereka pertama kali hamil memiliki risiko terkena kanker payudara lebih tinggi bila dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah merokok sama sekali.

5. Menjaga berat badan 

Menjaga berat badan sama pentingnya karena jika anda Kelebihan berat badan akan meningkatkan risiko kanker payudara.

6. Batasi asupan alkohol 

Menurut penelitian, Minum alkohol secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Sebaiknya anda mulai menghindari minum alkohol dan menggantinya dengan banyak minum air putih.

(Foto : whatsnu.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok