Cara Efektif Ngobrol dengan Bayi

February 28, 2021 | Aqiyu

bayi

Anda bisa mulai mengajak bicara bayi sejak mereka dalam kandungan. Setelah lahir, Anda juga tetap dapat mengajaknya ngobrol di setiap aktivitas. Karena saat diajak ngobrol, bayi akan menyerap suara, nada bicara dan bahasa. Otak si kecil akan menyimpan semua informasi berupa kata-kata tersebut untuk digunakan pada saatnya.

Hal ini sangat penting dalam melatihnya berbicara dan salah satu cara mencegah keterlambatan bicara pada anak. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang tua yang komunikatif berpengaruh pada kemampuan si kecil berbicara dan cenderung memiliki kemampuan bahasa yang baik dibandingan yang tidak. Setiap diajak berbicara, sinaps di otak si kecil yang berhubungan dengan bahasa akan bereaksi dan terhubung.

Sehingga semakin banyak bahasa atau kata yang ia serap, maka semakin banyak pula sambungan sinaps yang terbentuk. Sinaps bahasa menjadi kunci sukses kemampuan berbicara si kecil. Apalagi si kecil merupakan peniru yang baik. Saat ia mempelajari hal baru di sekelilingnya, ia akan memerhatikan dengan baik. Si kecil juga biasanya akan menunjukkan beberapa ekspresi bila ia tertarik dengan sesuatu.

Cara efektif mengajak ngobrol si kecil yakni dengan berbicara sesering mungkin. Anak yang orangtuanya aktif berbicara, biasanya si kecil pun akan pintar berbicara. Saat mengobrol, lakukanlah eye contact dengan si kecil. Dengan menatap baik-baik mata si kecil, ia pun akan merespon lebih baik jika saling bertatapan.

YesDok Ads

Anda harus mengucapkan kata-kata yang jelas. Usahakan mengajak bayi bicara layaknya orang dewasa. Jangan berbicara seperti bayi namiun bicaralah dengan nada bayi. Biacaralah dengan nada agak tinggi yang terdengar ceria dan bersemangat serta memberikan penekanan di akhir kata. Dalam beberapa kesempatan, Anda perlu meluangkan waktu mengobrol hanya berdua dengan si kecil. Hal ini bertujuan agar bayi lebih memerhatikan dan menyerap dengan muda semua kata yang dikeluarkan.

Ada baiknya, Anda menghindari memberikan gadget sedini mungkin dan membatasi waktu menonton televisi. Terlalu banyak menonton televisi atau bermain gadget akan menggangu perkembangan bahasa si kecil. Bila si kecil telah benar-benar memerhatikan Anda, Anda pun harus melakukan hal yang sama. Perhatikan si kecil dengan baik terutama saat si kecil berusaha menanggapi obrolan Anda.

(Foto: horizon education center)

YesDok Ads