Cara Efektif Menjaga Kesehatan Gigi

March 09, 2022 | Kaifia

Kesehatan gigi dan mulut

Membangun kebiasaan yang baik dalam merawat gigi dan mulut kita adalah salah satu hal terpenting agar menjadi kesehatan gigi secara maksimal. 

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa ada keterkaitan antara kesehatan mulut dengan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Jika gigi dan gusi telah lama tidak menerima perawatan, maka seiring waktu mereka akan menyebabkan rasa sakit yang parah sehingga memicu kerusakan gigi secara keseluruhan. Gangguan ini kemudian dapat menjadi penyebab yang mendasari dari kekurangan gizi, masalah bicara, serta menimbulkan tantangan di lingkungan pribadi, sekolah atau pekerjaan.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan di rumah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut

Sikat gigi 2 kali sehari 

Penting untuk selalu sikat gigi sehabis Anda makan. Hal tersebut bisa membantu menghilangkan makanan dan plak yang terperangkap diantara gusi dan gigi. 

Saat menyikat, pastikan untuk hindari menyikat terlalu keras atau menggunakan sikat gigi berbulu keras yang mampu merusak email gigi dan gusi. 

American Dental Association (ADA) menyarankan untuk menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu lembut. 

YesDok Ads

Lakukan flossing 

Flossing atau benang gigi adalah salah satu cara untuk membersihkan gigi dan menghilangkan plak serta bakteri dari sela-sela gigi, yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. 

Metode ini juga membantu mencegah bau mulut dengan menghilangkan kotoran atau makanan yang tersumbat di antara gigi. 

Berhenti merokok

Merokok mampu merusak sistem kekebalan tubuh sehingga menyebabkan tubuh kesulitan untuk menyembuhkan jaringan, termasuk jaringan yang berada di dalam mulut. 

CDC mengatakan merokok sebagai faktor risiko penyakit gusi, sementara ADA menyebutkan bahwa orang yang merokok dapat memperlambat penyembuhan setelah lakukan prosedur gigi. 

Rutin memeriksa ke dokter

Dengan memeriksakan diri Anda ke dokter gigi secara teratur, dokter dapat mendeteksi gejala awal penyakit gusi. Gejala akan mudah untuk diobati sebelum menjadi serius.

YesDok Ads