Cara Efektif Mencegah Sembelit dan Melancarkan Pencernaan

January 23, 2023 | Iman

cara mencegah sembelit

Sembelit atau konstipasi adalah salah satu gangguan pencernaan yang menyebabkan seseorang sulit buang air besar (BAB). Kondisi ini tentunya cukup mengganggu dan membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Karena itu, penting untuk Anda ketahui apa saja cara mencegah sembelit yang bisa dilakukan sejak dini.

Beberapa cara berikut ini dapat diterapkan untuk mencegah sembelit.

1. Mengonsumsi Makanan Tinggi Serat

Makanan tinggi serat dipercaya cukup efektif dalam mencegah sembelit. Serat diketahui mampu melancarkan BAB dengan melakukan penyerapan air ekstra sehingga feses menjadi lunak. Beberapa pilihan makanan untuk mencegah sembelit yang kaya akan serat adalah apel, jeruk, gandum, brokoli, dan kacang-kacangan.

2. Olahraga Secara Rutin

Kurangnya aktivitas fisik atau berolahraga akan membuat pergerakan usus menjadi lebih lambat. Akibatnya, feses pun membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melewati usus besar dan mencapai anus.

Olahraga minimal 30 menit per hari sebanyak 3-5 kali seminggu dapat melancarkan pergerakan usus dan terhindar dari sembelit. Beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan adalah jalan santai, jogging, bersepeda, berenang dan lainnya.

3. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Kekurangan cairan tubuh (dehidrasi) bisa menjadi salah satu penyebab sembelit. Hal ini dikarenakan serat membutuhkan air untuk melunakkan feses. Serat dalam tubuh yang mengalami dehidrasi dapat membuat feses menjadi padat, keras, dan berakhir sembelit.

Cara mencegah sembelit akibat dehidrasi dapat dilakukan dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih kurang lebih 2 liter per hari. Biasakan untuk selalu minum air putih di pagi hari setelah bangun tidur, setelah makan, dan di malam hari sebelum tidur.

YesDok Ads

4. Mengonsumsi Kopi

Minum kopi rupanya juga berpengaruh pada sistem pencernaan. Menurut penelitian, kafein dalam kopi dapat merangsang pergerakan usus. Kopi juga mengandung serat yang apabila dikonsumsi sesuai takaran dapat membantu Anda terhindar dari sembelit.

5. Hindari Kebiasaan Menahan BAB

Memiliki kebiasaan menahan BAB dapat meningkatkan risiko terkena sembelit. Hal ini dikarenakan feses yang seharusnya dibuang oleh tubuh justru tertahan di usus besar dan terus menumpuk.

Feses yang menumpuk terlalu lama di usus besar dapat berubah menjadi lebih padat dan sulit untuk dikeluarkan. Itulah mengapa menghindari kebiasaan menahan BAB bisa menjadi salah satu cara mencegah sembelit yang ampuh untuk diterapkan.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(foto: healthifyme)

YesDok Ads