Cara Efektif Membersihkan Ginjal Anda di Rumah

November 07, 2022 | Kaifia

Perawatan Rumahan yang Mampu Membersihkan Ginjal

Ginjal merupakan dua organ kecil yang terletak di kedua sisi tulang belakang, dibawah tulang rusuk. Kedua ginjal yang berfungsi dengan baik sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan, minuman dan herbal tertentu bisa membantu membersihkan ginjal.

Ginjal berfungsi sebagai sistem penyaringan alami pada tubuh yang membuang limbah, racun dan cairan yang berlebih dari darah. Ginjal bahkan turut membersihkan diri ketika tubuh mengambil cukup cairan.

Pembersihan ginjal dapat melibatkan konsumsi makanan dan herbal tertentu yang mampu menghilangkan racun dari tubuh serta meningkatkan kesehatan ginjal yang lebih baik.

Medical News Today melansir bahwa seseorang bisa menjaga ginjal mereka agar tetap sehat dengan meningkatkan cairan tubuh agar tetap terhidrasi dan mengonsumsi makanan yang seimbang. 

Melakukan pembersihan ginjal

Anda dapat melakukan beberapa cara sederhana dibawah ini untuk melakukan pembersihan ginjal

Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Setiap organ dalam tubuh membutuhkan air agar mereka berfungsi dengan normal. 

YesDok Ads

Air memegang peranan yang penting untuk mencerna makanan, menyerap nutrisi, membuang limbah dan racun, dan menjaga kesehatan kulit.

Ginjal membutuhkan air untuk mengeluarkan urin namun ketika asupan air Anda cukup rendah, volume urin pun akan rendah sehingga menyebabkan disfungsi ginjal. Oleh karena itu, penting untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam keseharian.

Makan makanan yang seimbang

Beberapa perubahan diet diperlukan untuk meningkatkan kesehatan ginjal secara menyeluruh. 

Anda dapat menambahkan jenis makanan dibawah ini yang ramah bagi ginjal 

  • Apel
  • Buah jeruk
  • Produk susu rendah lemak
  • Sayuran
  • Daging tanpa lemak

Mengonsumsi suplemen bernutrisi

Suplemen membantu meningkatkan kesehatan salah satu organ vital ini. Salah satu contohnya yaitu menurut artikel Healthline, vitamin B6 yang memiliki kofaktor penting dalam berbagai reaksi metabolisme. B6 dibutuhkan untuk metabolisme glioksilat, yang dimana oksalat sebagai pengganti glisin apabila Anda kekurangan vitamin B6. Namun, oksalat yang terlalu berlebihan mampu menyebabkan batu ginjal.

YesDok Ads