Cara Efektif Bangkit dari Kelelahan Fisik dan Mental

January 29, 2020 | Helmi

kelelahan fisik dan mental

Kelelahan fisik dan mental sangat mungkin dirasakan dalam menjalani padatnya aktifitas sehari-hari. Bisa disebabkan tekanan di tempat kerja, sekolah atau rumah. Jika tidak segera diatasi, ini bisa menjadi masalah besar di kemudian hari.

Berikut ini adalah beberapa kiat efektif yang akan membantu Anda bangkit kembali dari kelelahan dan penat yang disarankan oleh Dr. Kellyann Petrucci.

Dekat dengan Orang yang Berarti Bagi Anda

Jika Anda bergaul dengan orang yang berarti bagi Anda dan memberi semangat untuk Anda, maka Anda akan menjadi kembali bersemangat. Sebaliknya, bergaul dengan orang-orang yang negatif akan membuat Anda kehabisan energi sampai Anda kelelahan.

Berjalan-jalan ke Luar

Tinggal di dalam ruangan, tidak terpapar sinar matahari, dan tidak menghirup udara segar membuat Anda tidak sehat, tidak bahagia pada akhir hari dan menempatkan Anda pada risiko kelelahan.

Tubuh Anda membutuhkan sinar matahari sama seperti yang membutuhkan makanan dan air, menyediakannya dengan nutrisi penting seperti vitamin D dan nitrat oksida. Nitrat oksida memainkan peran dalam sirkulasi darah yang sehat, kekebalan tubuh Anda, dan fungsi otak yang tepat.

Setelah keluar untuk mendapatkan paparan sinar matahari, kunjungilah tempat dengan nuansa hijau alami. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa hutan, dapat mengubah suasana hati seseorang. Tidak perlu pergi ke hutan, Anda bisa membuat kebun tanaman kecil saja di depan rumah untuk berinteraksi dengan alam.

YesDok Ads

Anda Perlu Sentuhan

Kurangnya sentuhan fisik adalah unsur utama dari kelelahan. Merangsang reseptor sentuhan tidak hanya menenangkan Anda, tetapi juga menurunkan tekanan darah Anda dan mengurangi tingkat kortisol yang memicu stres. Ini juga meningkatkan tingkat oksitosin Anda, yang membantu dalam ikatan dengan orang lain.

Dapatkan Nutrisi yang dibutuhkan Tubuh

Protein, sayuran bebas zat tepung, buah dan lemak sehat adalah pilihan terbaik Anda untuk pemulihan dari kelelahan.

Perhatikan diri Anda sendiri

Emosi atau kesedihan yang tidak terselesaikan juga dapat menyebabkan kelelahan. Memperhatikan kebutuhan atau perasaan Anda sendiri akan menghindarkan Anda dari mengambil keputusan yang tidak bijaksana dalam hidup yang dapat menyebabkan kelelahan. 

(Foto: Venterra)

YesDok Ads