Cara Efektif Atasi Mata Gatal di Malam Hari

April 14, 2022 | Kaifia

Mata gatal

Mata terasa gatal terutama di malam hari bisa menyebabkan ketidaknyamanan namun perlu Anda ketahui bahwa hal ini bukanlah penanda gangguan medis serius. 

Pada umumnya, seseorang tidak banyak bergerak dan cenderung lebih santai saat berbaring di tempat tidur daripada ketika mereka sedang lakukan aktivitas keseharian di siang hari. Akibatnya, banyak orang memperhatikan mata mereka terasa gatal di waktu tersebut.

Penyebab

Berbagai kondisi yang mendasari mampu memicu mata gatal di malam hari. Berikut adalah beberapa penyebab utamanya 

  • Mata kering
  • Infeksi mata
  • Rinitis alergi atau sejenis peradangan tertentu
  • Dermatitis atopik dan eksim 

Pengobatan rumahan

Kompres hangat atau dingin

Anda dapat mencoba gunakan kompres pada area sekitar mata. Kompres hangat pada mata mampu membantu meredakan gatal yang disebabkan oleh alergi. Sedangkan jika mata gatal terasa hangat dan bengkak, kompres dingin bisa membantu meredakannya. 

YesDok Ads

Obat tetes mata

Beberapa obat tetes mata dirancang untuk mengatasi alergi dan kemerahan, sementara yang lainnya bekerja sebagai air mata buatan bagi seseorang dengan mata kering. 

Pilihlah jenis obat tetes yang terbaik tanpa menggunakan bahan pengawet. 

Hindari alergen

Alergen merupakan pemicu alergi yang dapat menimbulkan reaksi alergi yang parah. Beberapa langkah untuk mencegah terpaparnya alergen yaitu tidur dengan jendela tertutup. Hal ini bisa membantu mengurangi paparan serbuk sari dan alergen yang datang dari luar ruangan yang membuat mata gatal.

Gunakan pelembab ruangan

Udara kering juga bisa menjadi salah satu pemicu mata gatal dan kering. Apabila mata Anda kering, cobalah untuk menggunakan humidifier di kamar tidur terutama saat cuaca dingin atau cuaca panas.

YesDok Ads