Cara Cepat dan Alami Mengatasi Mata Bintitan

October 06, 2019 | Aqiyu

Salah satu masalah ringan pada mata adalah mata bintitan. Saat seseorang mengalami mata bintitan maka kelopak mata Anda akan membesar karena benjolan merah seperti jerawat. Dalam dunia medis mata bintitan disebut dengan hordeolum.

Hordeolum merupakan jenis infeksi ringan pada kelenjar di kelopak mata. Ada dua jenis hordeolum yakni hordeolum internal, infeksi ini terjadi di dalam garis bulu mata sedangkan hordeolum eksternal terjadi di luar garis bulu mata. Mata bintitan bukan hanya mengganggu penampilan tetapi juga membuat mata terasa sakit terinfeksi.

Penyebab mata bintitan sendiri sering kali dikaitkan dengan kebiasaan sering mengintip. Padahal mata bintitan ini disebabkan oleh peyumbatan kelenjar minyak yang berada di sepanjang tepian kelopak mata. Normalnya, kelenjar ini berfungsi untuk mengeluarkan minyak. Selain itu, disebabkan pula oleh infeksi bakteri staphylococcus aureus, yang menyerang akar folikel di bulu mata.

Biasanya bintitan akan sembuh sendiri tanpa perawatan khusus dalam jangka waktu 1-2 minggu. Namun Anda bisa mengatasi mata bintitan dengan cepat dengan melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Bersihkan dengan sabun dan air. Membersihkan mata dengan air saja tidaklah cukup. Gunakan tisu atau kain bersih yang sudah dibasahi dengan air dan sabun. Lalu usapkan perlahan pada kelopak mata yang bintitan.

YesDok Ads

2. Bersihkan dengan air dan larutan garam. Alternatif lain untuk membersihkan mata bintitan adalah dengan menggunakan air dan garam yang dicampur. Air garam ini dapat membantu membersihkan bakteri yang menginfeksi mata.

3. Kantong teh hangat bekas juga bisa membantu mengempeskan mata bintitan. Anda bisa menggunakan kantong teh tersebut untuk mengompres mata. Untuk hasil yang maksimal Anda bisa pakai kantong teh hitam yang memiliki sifat antibakteri dan dapat meredakan pembengkakan.

4. Cara terakhir yang paling mudah adalah mengompres mata dengan air hangat. Cara ini dapat membantu mendorong nanah naik ke permukaan kelopak mata sehingga dapat dikeluarkan secara alami. 

(Foto: benhvienmatsaigon.com)

YesDok Ads