Cara Berhenti Secara Bertahap Menyusui Buah Hati

February 24, 2020 | Iman

Menyusui

ASI memang penting bagi tumbuh kembang bayi. Semakin buah hati Anda bertumbuh maka sudah saatnya berhenti memberinya ASI. Namun penghentian mendadak dari menyusui bisa sangat tidak nyaman untuk anak juga payudara Anda.

Wanita terdahulu umumnya suka melakukan menerapkan berbagai cara demi bayi mereka menjauhi ASI. Dari memberi rasa asam pada puting hingga cabai, semua dilakukan demi membuat anak Anda berhenti minum ASI langsung. Sayangnya cara-cara seperti ini menyiksa buah hati Anda.

Anda dapat merencanakan bertahap pemberhentian pemberian ASI langsung setelah 6-9 bulan dan lima tahun atau lebih. Tetapi sangat dianjurkan untuk menyusui bayi Anda setidaknya selama enam bulan. Dilansir Times of India, berikut cara yang bisa Anda lakukan.

Kurangi Frekuensi Menyusui

Salah satu cara termudah yang disarankan para ahli adalah dengan secara perlahan mengurangi frekuensi menyusui. Benar-benar berhenti sekaligus tiba-tiba dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada payudara, pembengkakan, saluran yang terpasang dan bahkan infeksi yang menyakitkan pada jaringan payudara yang disebut mastitis.

Anda bisa mulai dengan mengurangi sesi menyusui. Anda dapat mengganti sesi ini dengan memberi susu botol, segelas susu, sedikit makanan kecil, tergantung pada usia anak Anda. Setelah anak Anda menyesuaikan diri, Anda dapat menghindari sesi menyusui lainnya.

YesDok Ads

Pompa ASI

Jika Anda hendak memompa ASI, berilah perpanjang waktu antara dua sesi dan pompa untuk durasi waktu yang lebih singkat selama setiap sesi. Hal ini akan membantu payudara Anda menyesuaikan dengan penurunan permintaan dengan menghasilkan lebih sedikit ASI.

Alihkan Perhatian Sang Bayi

Jika anak Anda tidak terlalu senang dengan pergantian dan perubahan sesi menyusui, coba alihkan perhatiannya dengan memberinya mainan atau melakukan hal lain dengannya pada saat menyusui tiba. Anda dapat memberi mereka kenyamanan dengan memberi mereka pelukan ekstra dalam selimut yang nyaman.

Jika Anda tiba-tiba berencana untuk berhenti menyusui, berkonsultasilah dengan spesialis menyusui yang dapat merekomendasikan Anda obat untuk mengurangi suplai pada buah hati.

(Foto: womenhealth)

YesDok Ads