Cara Aman Rayakan Tahun Baru di Masa Pandemi

December 21, 2020 | Iman

Protokol kesehatan

Adanya Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung membuat Tahun baru kali ini tidak bisa diperingati dengan keramaian, banyak yang mengusulkan agar memperingatinya secara online dari rumah. Keseruan mungkin akan berbeda namun kita harus menyesuaikan diri dengan kondisi saat ini. 

Para ahli mengatakan agar tahun baru berjalan dengan aman ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Ada alasan Kenapa kita harus berhati-hati dan mengorbankan acara sosial tahunan seperti tahun baru dan natal karena Covid-19. Sementara itu Mekanisme penularan harus terus diingatkan karena penting sekali, yaitu penularan covid bisa terjadi karena kontak, lewat udara atau droplet.

Droplet biasanya jarak terbangnya pendek 1-2 meter kemudian jatuh ke tanah, dulu diperdebatkan apakah Virus ini menular lewat aerosol yaitu inti droplet karena sangat kecil ia bisa melayang di udara dalam waktu yang cukup lama.

Ada beberapa cara aman merayakan natal dan tahun baru seperti tidak merayakan di tempat umum cukup dengan anggota keluarga inti, rayakan secara online dan memang jika harus berkunjung batasi jumlah orang, tetap lakukan 3M, dan jangan menghabiskan waktu dalam ruangan.

Yang paling penting menjaga imunitas prinsipnya asupan makanan dengan gizi yang seimbang, protein karbohidrat, aktivitas fisik yang memadai dengan olahraga minimal 30 menit sehari.

Sementara itu, vitamin sebagai suplemen, hanya sebagai tambahan dan penting jika asupan utamanya kurang misalnya multivitamin mineral dalam keadaan sakit, kelelahan disitu kita kadang memerlukan tambahan suplemen vitamin. Tapi yang penting makan yang teratur dan makan buah.

Selain itu, jika ingin membuat acara tahun baru di ruangan terbuka atau di tempat wisata tetap harus berhati-hati dan memperhatikan kapasitas. 

Memang risikonya relatif lebih rendah dibanding ruangan tertutup tetapi jika kerumunanya sangat padat tentu bisa meningkatkan risiko penularan.

 

YesDok Ads