Cara Aman Mengolah dan Mengonsumsi Daging Bagi Ibu Hamil

May 23, 2020 | Aqiyu

ibu hamil makan daging

Hari Raya Idul Fitri segera tiba. Biasanya makanan yang dihidangkan saat idul fitri tidak jauh dari olahan daging seperti daging merah dan daging ayam yang dibuat menjadi rending atau opor. Menu makanan yang berasal dari daging ini selain nikmat dan enak, juga mengandung banyak nutrisi seperti zat besi, protein, mineral dan vitamin. Sehingga makanan ini cocok pula dikonsumsi oleh ibu hamil.

Tapi ibu hamil harus memerhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk mengonsumsi makanan dari olahan daging. Seperti bagaimana kondisi daging tersebut saat dibeli, masih fresh atau tidak. Menyimpan daging pun harus dilakukan dengan tepat agar kualitas dari daging tersebut tidak menurun. Serta cara mengolah daging tersebut, ibu hamil tidak diperbolehkan mengonsumsi daging mentah karena dapat menyebabkan masalah kesehatan pada janin dan infeksi akibat bakteri dan parasit pada daging yang tidak matang.

Namu jangan khawatir, bukan berarti ibu hamil harus menghindari mengonsumsi daging selama hamil. Ibu hamil bisa mencegah hal buruk tersebut dengan cara berikut ini:

YesDok Ads

  • Cermat dalam membeli daging, pastikan daging yang Anda pilih tidak busuk dan masih dalam kondisi segar.
  • Simpanlah daging dengan benar yakni menggunakan wadah tertutup dan simpanlah dalam freezer jika daging belum mau langsung dimasak.
  • Masaklah daging hingga benar-benar matang dan tidak ada bagian daging yang masih terlihat warna merah. Anda bisa memasaknya dengan suhu sekitar 65 – 75 derajat celcius.
  • Untuk mengetahui bahwa daging telah matang secara keseluruhan, Anda bisa mengolahnya dengan cara mengiris atau memotongnya tipis-tipis.

Ibu hamil tidak dianjurkan mengonsumsi daging olahan siap saji. Daging olahan siap saji ini biasanya digunakan sebagai isian dari sandwich, burger, sushi hingga salad. Sebisa mungkin ibu hamil untuk menghindarinya karena daging olahan siap saji tersebut bisa menjadi sarang bakteri dan parasit. Beberapa contoh daging olahan yang sebaiknya dihindari saat hamil adalah kornet, daging mackerel, dendeng, abon, dan semacamnya.

(Foto: pregnancy stages week by week)

YesDok Ads