Sexuality
Adult
+1

Cara Alami Tingkatkan Sperma menjadi Lebih Berkualitas

October 05, 2019 | Iman

Infertilitas saat ini merupakan masalah umum dan kejadiannya meningkat pesat di seluruh dunia. Sampai sekarang, kejadian ini mempengaruhi sekitar satu dari setiap enam pasangan dan para ahli memperkirakan bahwa 40 hingga 50 persen kasus infertilitas hanya disebabkan oleh pasangan pria tanpa melibatkan wanita. Meskipun infertilitas tidak selalu bisa diobati, namun dapat ditingkatkan dengan perubahan pola makan dan gaya hidup sehat.


Ketika berbicara tentang pria, jumlah sperma adalah aspek yang sangat penting dari kesuburan dimana jumlah sel sperma inilah yang dapat membantu menentukan kualitas sperma. Jika kualitas sperma rendah, hal tersebut merupakan salah satu halangan yang membuat pasangan Anda kesulitan mendapatkan kehamilan.

Namun, jangan khawatir berikut adalah 7 cara alami untuk meningkatkan kualitas sperma seperti dilansir laman Times of India.

1. Olahraga

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa olahraga dan juga penurunan berat badan dapat meningkatkan jumlah sperma pada pria gemuk. Sebuah studi lainnya yang dilakukan pada tahun 2017 menemukan bahwa dengan 16 minggu latihan aerobik selama 50 menit setiap hari, dapat meningkatkan konsentrasi dan volume sperma pada pria yang obesitas dan kurang gerak.

2. Kontrol Stres

Stres dapat menyebabkan tubuh Anda mengambil tindakan defensif dan menghemat energi sehingga tubuh menjadi kurang peduli dengan reproduksi. Lakukan diet sehat, olahraga teratur, dan kerjakan sesuatu yang Anda sukai, semua itu akan membantu dalam mengelola stres.

YesDok Ads

3. Merokok

Para pria identic sekali dengan merokok, tidak jarang mereka menhgabiskan berbatang-batang rokok dan sangat tidak baik bagi kesehatan secara keseluruhan. Ternyata, Merokok dapat mengurangi jumlah sperma secara konsisten. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2016 menemukan bahwa pria yang merokok secara konsisten dapat mengurangi jumlah sperma.

4. Tidak Menggunakan Narkoba

Sangat penting untuk diketahui, ternyata konsumsi obat-obatan seperti ganja dan kokain secara langsung berkaitan dengan penurunan jumlah sperma, selain itu, minum alkohol berlebihan juga dapat menurunkan kadar testosteron dan kualitas serta kuantitas sperma pada pria.

(Foto : newyorkpost)

 

YesDok Ads