Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah yang Mungkin Jarang Diketahui

November 16, 2020 | Helmi

tekanan darah

Tekanan darah tinggi merupakan kondisi berbahaya yang dapat merusak jantung Anda. Jika dibiarkan tidak terkontrol, tekanan darah tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Tekanan darah yang tinggi tentu bisa diredakan dengan konsumsi obat. Namun ternyata ada cara alami yang tentunya dapat menghindarkan tubuh Anda dari paparan bahan kimia obat.

Berikut ini adalah cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan tekanan darah Anda.

Kelola stres

Stres adalah pendorong utama tekanan darah tinggi. Saat Anda mengalami stres kronis, tubuh Anda selalu berada dalam mode pertarungan atau lari. 

Pada tingkat fisik, itu berarti detak jantung lebih cepat dan pembuluh darah menyempit.

Saat Anda mengalami stres, Anda mungkin juga lebih cenderung untuk melakukan perilaku lain, seperti minum alkohol atau makan makanan tidak sehat yang dapat mempengaruhi tekanan darah secara negatif.

Konsumsi Dark Chocolate

Meskipun mengonsumsi cokelat hitam dalam jumlah besar mungkin tidak akan membantu jantung Anda, tetapi dalam jumlah kecil mungkin.

Itu karena coklat hitam dan bubuk kakao kaya akan flavonoid, yaitu senyawa tanaman yang menyebabkan pembuluh darah membesar.

Sebuah tinjauan penelitian menemukan bahwa kakao kaya flavonoid meningkatkan beberapa penanda kesehatan jantung dalam jangka pendek, termasuk menurunkan tekanan darah.

Berhenti merokok

Di antara banyak alasan untuk berhenti merokok adalah karena kebiasaan tersebut merupakan faktor risiko yang kuat untuk penyakit jantung.

YesDok Ads

Setiap kepulan asap rokok menyebabkan sedikit peningkatan tekanan darah sementara. Bahan kimia dalam tembakau juga diketahui dapat merusak pembuluh darah.

Karena merokok dan tekanan darah tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung, berhenti merokok dapat membantu mengurangi risiko tersebut.

Makan makanan kaya kalsium

Orang dengan asupan kalsium rendah seringkali mengalami tekanan darah tinggi.

Meskipun suplemen kalsium belum terbukti secara meyakinkan menurunkan tekanan darah, diet kaya kalsium tampaknya terkait dengan kesehatan yang lebih baik..

Untuk kebanyakan orang dewasa, rekomendasi kalsium adalah 1.000 miligram (mg) per hari. Untuk wanita di atas 50 dan pria di atas 70, itu 1.200 mg per hari.

Selain produk susu, Anda bisa mendapatkan kalsium dari sayuran berdaun hijau lainnya, kacang-kacangan, atau sarden,

Konsumsi makanan yang kaya magnesium

Magnesium merupakan mineral penting yang membantu pembuluh darah rileks.

Meskipun kekurangan magnesium jarang terjadi, banyak orang tidak merasa cukup.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terlalu sedikit magnesium dikaitkan dengan tekanan darah tinggi.

Anda dapat memasukkan magnesium ke dalam makanan Anda dengan mengkonsumsi sayuran, produk susu, kacang-kacangan, ayam, daging, dan biji-bijian.

(Foto: Lark Health)

YesDok Ads