0 Point

Cara Alami Meningkatkan Kadar Glutathione

Glutathione adalah antioksidan yang terjadi secara alami di sel-sel tubuh. Ini juga ada di beberapa makanan. Baru-baru ini, glutathione telah menjadi populer belakangan ini karena dugaan manfaat kesehatannya.

Sebagai antioksidan, glutathione membantu menetralkan radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif yang dapat merusak sel-sel tubuh.

Tidak seperti kebanyakan antioksidan, yang berasal dari sumber tanaman, tubuh manusia secara alami menghasilkan glutathione di hati.

Namun, kadar glutathione menurun secara alami seiring bertambahnya usia. Faktanya, para peneliti telah menemukan hubungan antara kadar glutathione yang rendah dan beberapa kondisi terkait usia, seperti glaukoma dan degenerasi makula. Berikut ini 4 cara alami meningkatkan kadar glutathione:

Mengonsumsi makanan kaya akan sulfur

Makan makanan yang kaya akan sulfur bisa meningkatkan kadar glutathione dalam tubuh. Sulfur berada di dalam beberapa asam amino, dua di antaranya metionin dan sistein yang merupakan prekursor untuk glutathione dan karenanya berkontribusi pada sintesisnya.

Makanan kaya akan sulfur termasuk:

  • Daging, telur, dan ikan

  • Biji-bijian, termasuk nasi, roti, dan pasta

  • Sayuran, seperti bawang, bawang putih, brokoli, kangkung, dan kol

Konsumsi susu diary

Produk susu diary mengandung protein beta-casein, yang berpotensi meningkatkan kadar glutathione dalam tubuh.

Dalam sebuah studi kecil tahun 2015, para peneliti menemukan hubungan antara konsumsi susu yang lebih tinggi dan konsentrasi glutathione yang lebih tinggi pada otak orang dewasa.

Namun, peningkatan glutathione tampaknya bervariasi tergantung pada jenis beta-casein. Susu dapat mengandung berbagai variasi protein beta-kasein, yang disebut A1 dan A2. Variasi ini tampaknya memengaruhi konsentrasi glutathione secara berbeda.

Konsumsi protein whey

Whey adalah protein lain yang ada dalam produk susu. Ini juga mengandung sistein dalam jumlah besar. Dalam sebuah studi 2012, para peneliti menemukan bahwa protein whey mengurangi stres oksidatif pada sel-sel kanker usus besar manusia.

Sering berolahraga

Dokter menyarankan aktivitas fisik secara rutin untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh Anda secara fisik maupun mental.  

Penelitian juga menyarankan bahwa olahraga dapat mengurangi stres oksidatif dengan meningkatkan kadar glutathione. Dalam sebuah studi 2014, para peneliti mengamati bahwa orang dewasa yang telah berpartisipasi dalam aktivitas fisik rutin sepanjang hidup mereka memiliki tingkat glutathione yang lebih tinggi.

(Foto: fullscript.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok