Cara Alami Mengobati Mata Merah

December 02, 2021 | Helmi

mata merah

Mata merah, atau konjungtivitis, adalah ketika selaput pelindung yang menutupi mata Anda – disebut konjungtiva – menjadi terinfeksi atau meradang. Hal ini dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi.

Mata merah biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Kasus konjungtivitis bakteri mungkin hilang dalam waktu sekitar lima hari. Tapi mata merah akibat virus bisa memakan waktu beberapa minggu sebelum infeksi benar-benar hilang.

Berikut adalah sejumlah cara alami mengatasi mata merah yang bisa Anda lakukan di rumah.

Kompres dingin

Kompres dingin adalah cara yang bagus untuk meredakan iritasi atau gatal pada kasus mata merah yang disebabkan oleh virus atau alergi.

Cara menggunakannya: Rendam handuk kecil bersih dalam air dingin. Peras, lalu lipat menjadi dua dan tempelkan di atas mata Anda selama beberapa menit dan berulang.

YesDok Ads

Kompres hangat

Kompres hangat adalah solusi yang bagus karena dapat mengendurkan lendir kering di sekitar mata Anda. Tapi hati-hati jangan sampai airnya terlalu panas.

Cara menggunakannya: Rendam handuk bersih dalam air hangat. Lalu letakkan handuk lembab hangat di mata Anda. Anda bisa membiarkannya di sana sampai dingin.

Obat tetes mata

Ini sangat berguna jika Anda memiliki mata merah akibat iritasi. Mereka menambahkan kelembaban pada mata Anda, yang membantu menghilangkan iritasi dan melumasi mata kering.

YesDok Ads