Cara Alami Mengobati Gusi yang Bengkak

November 28, 2022 | Iman

Cara Alami Mengobati Gusi yang Bengkak

Gusi bengkak merupakan masalah kesehatan yang biasanya diakibatkan oleh beberapa hal, seperti penumpukan plak hingga membentuk karang gigi, infeksi mikroba (bakteri, jamur, atau virus), kebiasaan menyikat gigi terlalu keras dan lain sebagainya. 

Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba beberapa cara menyembuhkan gusi bengkak secara alami yang akan dijelaskan berikut ini:

1. Berkumur Menggunakan Air Garam

Cara alami mengobati gusi bengkak yang pertama adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Berkumur menggunakan air garam diketahui mampu meredakan rasa nyeri yang timbul ketika gusi membengkak.

Untuk melakukannya, Anda dapat menyiapkan satu sendok teh garam yang kemudian dilarutkan dalam segelas air hangat. Setelah itu, berkumurlah menggunakan larutan air garam tersebut selama 30 detik. Anda bisa berkumur dengan air garam ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

2. Mengoleskan Bubuk Kunyit pada Gusi yang Bengkak

Selain berkumur menggunakan air garam, Anda juga dapat mengoleskan bubuk kunyit di area gusi yang membengkak untuk mengatasinya. Kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang bersifat antiinflamasi, sehingga pembengkakkan pada gusi bisa mereda menggunakan bahan tersebut.

Anda dapat melarutkan bubuk kunyit tersebut menggunakan air hangat terlebih dahulu. Agar lebih optimal, Anda sebaiknya melarutkan bubuk kunyit hanya sampai menjadi pasta/adonan kental. Setelah itu, adonan bubuk kunyit tersebut dapat dioleskan pada area gusi bengkak dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.

3. Berkumur Menggunakan Sari Daun Jambu Biji

YesDok Ads

Berkumur menggunakan sari daun jambu biji juga menjadi cara alami mengobati gusi bengkak berikutnya. Sari daun jambu biji ini memiliki senyawa antimikroba sehingga mampu membunuh bakteri yang memicu terjadinya infeksi pada gusi bengkak.

Sari daun jambu biji ini bisa Anda dapatkan dengan merebus 6 sampai 7 lembar daun jambu biji pada air yang didihkan pada api kecil selama 10 menit. Setelah itu, Anda dapat menuangkan sari daun jambu biji tersebut ke dalam gelas dan tunggu hingga larutan menjadi dingin.

Apabila sudah dingin, berkumurlah menggunakan sari daun jambu biji tersebut selama 30 detik. Anda dapat melakukannya sebanyak 3 kali dalam sehari.

4. Berkumur Menggunakan Minyak Kelapa

Berkumur menggunakan minyak kelapa atau biasa dikenal dengan istilah oil pulling juga menjadi cara alami mengobati gusi bengkak selanjutnya. Lantaran, minyak kelapa ini memiliki kandungan bernama asam laurat yang bersifat antibakteri dan antiinflamasi.

5. Kompres Gusi Menggunakan Kantong Teh

Untuk meredakan rasa nyeri dari gusi bengkak, Anda juga dapat mengompresnya dengan kantong teh. Pasalnya, kantong teh ini didapati mengandung zat aktif tanin yang bersifat antiinflamasi.

Caranya, kantong teh tersebut perlu diseduh terlebih dahulu pada air panas. Kemudian, kompreskan kantong teh tersebut pada gusi yang membengkak selama 5 menit.

(foto: zendium)

YesDok Ads