Cara Alami Memutihkaan Gigi dengan Aman

November 29, 2020 | Aqiyu

gigi putih

Masalah kesehatan mulut yang kerap kali melanda adalah bau mulut. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa gigi yang kuning juga termasuk masalah kesehatan yang mengganggu penampilan. Banyak orang yang tidak percaya diri saat senyum akibat gigi yang berubah warna.

Untuk mendapatkan gigi putih yang sehat tidak bisa didapatkan hanya dengan rutin menggosok gigi saja setiap hari dan menggunakan obat kumur. Saat ini, ada metode bleaching gigi untuk mengembalikan warna gigi yang putih serta menggunakan produk pemutih gigi. Namun sayangnya, metode tersebut membutuhkan biaya yang mahal dan bahan yang terkandung dalam produk pemutih gigi belum tentu aman dan bisa saja merusak gigi.

Selain itu,  gigi yang kuning disebabkan oleh kebiasaan dan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Sedangkan menghindarinya pun belum cukup untuk mempertahankan warna putih alami gigi. Ada beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk memutihkan gigi dengan aman. Berikut daftarnya:

Cuka sari apel

Bahan yang bisa digunakan sebagai bahan alami untuk memutihkan gigi adalah cuka sari apel. Sebuah penelitian tahun 2014 meneybutkan bahwa cuka sari apel dapat memberikan efek putih pada gigi. Dalam menggunakannya, Anda dianjurkan dengan jumlah yang sedikit. Cukup mencapurkan dua sendok teh cuka sari apel dengan 177 ml air. Lalu gunakan untuk berkumur selama 30 detik.

Baking soda

YesDok Ads

Baking soda dapat diolah menjadi pasta alami. Caranya, campurkan satu sendok teh baking soda dan dua sendok teh air. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakannya beberapa kali dalam seminggu.

Kulit pisang

Jangan buang kulit pisang, karena kulit pisang dapat dimanfaatkan untuk membantu memutihkan gigi Anda. Hal ini disebabkan oleh kandungan senyawa d-limonene dan asam sitrat. Cara menggunakannya pun cukup mudah, gosokkan kulit pisang pada gigi secara merata.

Arang

Jangan tertipu dengan warnannya, meski hitam arang dapat membantu memutihkan gigi, loh. Arang yang terbuat dari kayu ini memiliki kandungan alkali yang dapat mengikis serta menghilangkan noda kuning yang menempel pada gigi.

(Foto: goodtoknow)

YesDok Ads