Cara Agar Tetap Fit di Rumah Selama Wabah Virus Corona

March 31, 2020 | Helmi

workout

Imbauan untuk di rumah saja bukan berarti tidak melakukan apa-apa. Anda juga tetap harus melakukan beragam aktivitas fisik agar tubuh Anda tetap bugar dan sehat.

Aktivitas fisik atau olahraga berkontribusi menurunkan tekanan darah dan kolesterol, selain juga mengurangi risiko stroke, diabetes, obesitas, dan penyakit lainnya. Ini juga menjadi cara untuk menjaga kekebalan tubuh.

Tidak berolahraga bisa berdampak buruk bagi tulang dan otot, karena itu tetap aktif di masa-masa seperti sekarang ini adalah suatu keharusan. Saat ini, sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan.

Berolahraga bisa sangat membantu dengan meningkatkan sel darah putih dan menghilangkan bakteri dari paru-paru dan saluran udara.

Menjadi aktif dapat mengurangi kadar kortisol dan meningkatkan endorfin, sehingga mengurangi dampak pada kesehatan mental. Berikut adalah beberapa latihan fisik sederhana yang bisa Anda coba lakukan di rumah:

Anda dapat melakukan lompat tali dan melakukannya di dalam rumah. Ini bisa menggantikan latihan kardio yang sangat dibutuhkan yang mungkin Anda lewatkan di masa sekarang ini.

YesDok Ads

Menonton video tutorial di YouTube atau aplikasi lain bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk belajar yoga atau pilates.

Jika Anda memiliki beberapa peralatan yang tidak terpakai di rumah, mungkin bisa Anda gunakan untuk melakukan latihan resistensi yang berguna mencegah keropos tulang dan membentuk otot. Misalnya, air botolan dapat digunakan seperti dumbel.

Anda juga dapat melakukan push-up dengan dukungan dinding, menaiki tangga dan jongkok menggunakan kursi, yang bisa Anda coba sebagai sarana berolahraga dan menggerakkan otot-otot Anda.

Cobalah untuk tidak duduk sepanjang waktu. Berjalanlah dengan cepat ke atas dan ke bawah sepanjang rumah Anda jika memungkinkan.

Anda juga bisa menari selama 15 menit atau lebih dengan musik favorit Anda, hanya untuk menghilangkan stres. Itu bisa menebus latihan harian Anda. Melibatkan anak-anak juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi mereka.

(Foto: Active)

YesDok Ads